Twitter Hapus Centang Biru Legacy Per 1 April 2023

27 Mar 2023 12:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi akun twitter. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Twitter mengumumkan akan menghapus centang biru legacy (warisan) pada akun milik tokoh berpengaruh per 1 April 2023. Tanda verifikasi akun itu nantinya hanya bisa didapatkan oleh pengguna berbayar atau organisasi yang memenuhi syarat.

Keputusan ini disampaikan melalui akun resmi Twitter Verified (@verified) yang berbunyi, “Pada 1 April, kami akan mulai menghentikan program verifikasi lama dan mulai menghapus tanda centang verifikasi lawas.”

Centang biru legacy merupakan label yang diperoleh tokoh publik melalui verifikasi oleh Twitter. Verifikasi ini dilakukan sebelum Twitter diakuisisi oleh Elon Musk. 

Jika pemilik centang biru legacy ingin mempertahankan tanda verifikasi akunnya, mereka harus membayar biaya langganan untuk Twitter Blue. 

Sejak 2016

Twitter memperkenalkan program verifikasi pada 2016 untuk membedakan akun otentik dan akun palsu. Akun yang terverifikasi oleh Twitter ditandai dengan adanya centang biru di sebelah nama pengguna.

Verifikasi akun awalnya hanya diberikan kepada tokoh tokoh publik atau yang memiliki pengaruh seperti politisi, selebritas, jurnalis, atlet, dan lain sebagainya. Namun, pada 2017, Twitter membuka program verifikasi kepada pengguna umum yang mendaftar. Setelah melalui proses seleksi, pengguna yang terverifikasi akan mendapatkan tanda centang biru pada akunnya.

Pada Oktober 2022, Elon Musk resmi membeli kepemilikan Twitter dan mulai menetapkan skema baru untuk program centang biru. Di bawah Musk, centang biru bisa dimiliki oleh pengguna yang membayar biaya langganan Twitter Blue.  

Selain memperoleh centang biru, pengguna yang berlangganan Twitter Blue akan mendapat fitur-fitur lain seperti folder untuk markah (bookmark), mengedit tweet, kustomisasi ikon aplikasi, prioritas dalam percakapan, sampai jumlah teks dan durasi video yang lebih panjang. 

Mengurangi iklan bila berlangganan

Tak hanya itu, Twitter juga mengeklaim bahwa pengguna yang berlangganan Twitter Blue akan melihat iklan 50% lebih sedikit dibandingkan pengguna yang tidak berlangganan.

Harga berlangganan Twitter Blue per bulannya yaitu Rp120.000 jika mendaftar lewat situs web dan Rp165.000 jika mendaftar lewat aplikasi Twitter. 

Selain centang biru bagi pengguna reguler, Twitter di bawah Musk juga menyediakan sistem langganan bagi akun resmi pemerintahan dan bisnis yang membutuhkan tanda verifikasi. 

Dengan berlangganan Twitter Verified Organizations, pengguna dapat memperoleh tanda centang berwarna abu-abu dan emas serta foto profil berbentuk persegi. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER