Ukuran Feed Instagram Terbaru (Foto, Video, IGTV, dan Reels)

25 Dec 2022 13:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi icon beberapa fitur di Instagram. Sumber: Pexels

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Instagram saat ini menjadi salah satu media sosial yang cukup populer di Indonesia. Pasalnya, platform ini mudah digunakan ketimbang media sosial lainnya. Selain itu, Instagram juga memiliki berbagai fitur yang menyenangkan bagi para penggunanya seperti Foto, Video, IGTV dan Reels. Bagi kamu pengguna platform ini harus tahu ukuran tiap fitur di Instagram.

Setiap fitur yang ada di Instagram mempunyai ukuran masing-masing, jadi sebelum mengunggah konten, pastikan dulu ukurannya sudah sesuai. Hal ini dimaksudkan supaya kualitas foto maupun video yang akan kamu unggah tidak terpotong. Berikut adalah penjelasan lengkapnya. 

Ukuran Instagram Foto

Foto merupakan fitur pertama yang ada di Instagram dan juga masih sangat banyak digunakan hingga saat ini. Ada tiga jenis ukuran foto yaitu: Square, Landscape, dan Portrait

  • Square

Jika kamu ingin memposting foto dalam ukuran square atau kotak maka disarankan untuk membuat gambar dengan skala 1:1 dan resolusi gambar minimal 1080x1080 piksel

  • Landscape

Ukuran kedua ada landscape. Untuk mengunggah foto dengan ukuran landscape, maka disarankan untuk mengambil gambar atau mengatur gambar dengan skala 1.91:1 dan dengan resolusi 1080x608 piksel.

  • Portrait

Terakhir ada model portrait. Kamu bisa membuat gambar dengan skala ukuran 4:5 dengan resolusi minimal 1080x1350 piksel.

Ukuran Instagram video

Tidak jauh berbeda dengan foto, feed yang ada di video juga memiliki tiga ukuran bentuk yaitu Square, Landscape, dan Portrait

  • Square

Untuk ukuran square atau persegi pada video maka kamu disarankan untuk menggunakan resolusi 1080x1080 piksel dengan skala perbandingan sebesar 1:1.

  • Landscape

Ukuran kedua untuk ukuran feed Instagram video dengan bentuk landscape, skala idealnya adalah 1.91:1 dan resolusi minimalnya yaitu 1080x608 piksel.

  • Portrait

Terakhir untuk ukuran feed Instagram video berbentuk portrait. Ukuran feed Instagram video dalam bentuk portrait ini memiliki skala 4:5 dan resolusi minimal 1080x1350 piksel.

 

Ukuran Instagram TV (IGTV)

Feed Instagram TV atau biasa disebut IGTV ini pertama kali diperkenalkan Instagram pada Juni 2018. Adanya IGTV memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dengan durasi yang lebih panjang dan bisa bersaing dengan YouTube.

Ada dua jenis untuk ukuran IGTV yaitu: Landscape dan Portrait

  • Landscape

IGTV dengan bentuk landscape memiliki skala 16:9 dengan resolusi minimal 1920x1080 piksel

  • Portrait

Sementara untuk bentuk portrait memiliki skala 9:16 dengan resolusi minimal 1080x1920 piksel

Ukuran Instagram reels

Instagram Reels merupakan fitur terbaru dari Instagram yang diluncurkan pertama kali di pada 5 Agustus 2020, namun untuk Indonesia sendiri baru mendapatkan akses pada bulan Juni 2021.

Fitur terbaru ini tampilannya memiliki kesamaan dengan TikTok, kamu bisa membuat video singkat dengan durasi 15 detik, selamin itu ada audio, efek, dan tools kreatif yang bisa kamu tambahkan ke dalam video.

Untuk fitur Instagram Reels terdapat dua jenis bentuk yaitu reels foto dan video, untuk ukuranya memiliki kesamaan dengan ukuran feed Instagram pada IG Story dan IG Live.

  • Instagram Reels foto

Ukuran feed Instagram Reels foto memiliki skala 1.91:1 dan dengan resolusi gambar 1080 pixel x 608 pixel.

  • Instagram Reels video

Ukuran feed Instagram Reels video memiliki skala 9:16 dan dengan resolusi gambar 1080 pixel x 1920 pixel.

 

Nah, itulah penjelasan ukuran fitur-fitur Instagram terbaru 2022 yang bisa kamu coba untuk membuat konten menarik di akun Instagram pribadimu. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER