Rekomendasi Situs untuk Latihan Aptitude Test Online dan Gratis

5 Desember 2023 12:12 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang yang sedang melakukan tes secara daring. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Saat melakukan proses rekrutmen karyawan, perusahaan tidak hanya mengandalkan wawancara dan seleksi berkas. Perekrut umumnya juga mengadakan serangkaian tes untuk menguji kemampuan dan keterampilan para kandidat. 

Salah satu dari sekian banyak tes bakat yang kerap diujikan kepada calon pegawai untuk mendapatkan sumber daya terbaik bagi perusahaan yaitu aptitude test

Aptitude test merupakan tes bakat yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbagai aspek intelektual dan kognitif. Tes ini umumnya digunakan untuk menilai kemampuan pemecahan masalah, pemahaman verbal, kemampuan matematika, pemikiran abstrak, dan berbagai aspek kecerdasan lainnya. 

Melalui aptitude test, rekruter dapat melihat kekuatan alami seseorang sekaligus kelemahannya saat dihadapkan dengan tugas tertentu. Selain itu, aptitude test dapat menunjukkan kecenderungan individu menuju keberhasilan atau kegagalan berdasarkan karakteristik bawaan. 

Meski umumnya digunakan dalam seleksi di dunia kerja, aptitude test juga dapat diaplikasikan di perguruan tinggi untuk membantu siswa mengetahui arah karier sesuai dengan minat dan bakatnya.

Jika Anda berencana untuk menghadapi aptitude test dalam waktu dekat, Anda bisa berlatih mengerjakan soal-soal aptitude test yang tersedia gratis di situs-situs online.

Berikut ini rekomendasi sejumlah situs latihan aptitude test online yang bisa Anda manfaatkan.

  • Job Test Prep

Situs latihan aptitude test yang pertama yaitu Job Test Prep. Lewat situs yang satu ini, Anda bisa menjumpai berbagai jenis simulasi assessment test yang bisa diujikan dalam proses rekrutmen. 

Job Test Prep menyediakan banyak ragam aptitude test mulai dari numerical reasoning, verba, reasoning, inductive reasoning, cognitive ability, critical thinking test, dan masih banyak lagi. 

  • Practice Aptitude Test

Situs selanjutnya yang menyediakan latihan soal aptitude test gratis yaitu Practice Aptitude Test. Keunggulan situs ini yaitu banyak jenis tes yang mirip dengan beberapa psikotes yang muncul di tahapan seleksi sejumlah perusahaan. 

Anda bisa memanfaatkan satu kali percobaan gratis untuk mengakses psikotes secara menyeluruh. Setelah menggunakan kesempatan coba gratis, Anda akan dikenakan biaya jika hendak mencoba tes berikutnya. 

  • Aptitude-test.com

Aptitude-test.com merupakan situs tempat latihan dan persiapan tes aptitude yang bisa Anda manfaatkan. Melalui situs ini, Anda dapat mengerjakan berbagai soal psikotes secara gratis. 

Terdapat berbagai jenis soal yang bisa dijajal di situs ini, di antaranya numerical, verbal, non-verbal, dan mechanical

  • Assessment Day

Situs Assessment Day memiliki berbagai latihan soal aptitude test seperti numerical reasoning, diagrammatic reasoning, hingga verbal reasoning test

Setelah mengerjakan tes di situs Assessment Day, Anda akan langsung mendapatkan hasil skor, total waktu pengerjaan dari setiap soal, akurasi, kecepatan, dan solusi jawabannya. 

Nah, itu dia rekomendasi beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk berlatih aptitude test. Selain berlatih mengerjakan soal, Anda juga perlu mempersiapkan fisik dan mental sebelum  menghadapi aptitude test

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang hendak menghadapi aptitude test!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR