WhatsApp Hadirkan Fitur Baru untuk Ekstrak Teks dari Gambar Bernama Text Detection

21 Maret 2023 14:03 WIB

Narasi TV

Logo aplikasi WhatsApp terlihat di smartphone dalam ilustrasi gambar yang diambil 15 September 2017. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

WhatsApp, aplikasi bertukar pesan milik Meta, baru saja meluncurkan fitur baru bernama Text Detection untuk perangkat iOS. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengekstraksi teks langsung dari gambar. 

Mengutip dari WA Beta Info, ketika membuka gambar berisi teks, pengguna akan melihat tombol baru yang berfungsi untuk menyalin teks dari gambar.   

Namun, fitur Text Detection ini tidak dapat digunakan untuk gambar sekali lihat.

Hal tersebut berkaitan dengan upaya memberikan keamanan privasi tambahan terhadap fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirim foto atau video yang hanya dapat dilihat satu kali. 

Sejauh ini, fitur Text Detection hanya tersedia di iOS 16 karena WhatsApp menggunakan API iOS 16 untuk mendeteksi teks dalam gambar. 

Syarat menggunakan fitur baru

WhatsApp biasanya meluncurkan fitur terbarunya secara bertahap, dimulai dari sekelompok kecil penguji coba beta sebelum perlahan-lahan memperluas aksesnya kepada pengguna yang lebih luas. Begitu pula dengan fitur Text Detection yang baru-baru ini diperkenalkan.

Sebelumnya, fitur ini telah diluncurkan kepada penguji coba beta yang memasang aplikasi WhatsApp beta untuk perangkat iOS versi 23.1.0.73. 

Kini, WhatsApp telah resmi meluncurkan fitur Text Detection untuk seluruh penggunanya.

Fitur Text Detection telah tersedia di versi terbaru aplikasi WhatsApp di iOS. Untuk dapat menggunakan fitur Text Detection, pengguna perlu memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi 23.5.77 melalui App Store.

Fitur ini diharapkan dapat memudahkan pengguna dalam berkomunikasi dan bertukar informasi penting dengan orang lain.

Fitur baru lainnya

Selain Text Detection, dalam pembaruan terbaru ini juga diperkenalkan fitur lainnya yaitu pembuat stiker. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat stiker khusus di dalam aplikasi WhatsApp untuk perangkat iOS.

Dengan pembaruan terbaru dari WhatsApp, pengguna iOS tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan untuk membuat stiker.

Hanya dengan aplikasi WhatsApp, pengguna iOS sudah dapat membuat stiker khusus untuk dibagikan kepada orang lain.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR