Dinasti Politik: Harta yang Paling Berharga adalah Keluarga

Pilkada jalan terus meski dikhawatirkan berujung jadi klaster baru corona. Kampanye sudah dimulai dan keluarga nomor satu di republik ini juga disorot lantaran anggotanya, Gibran dan Bobby, akan ada di kertas suara Desember nanti. 

Eh, ternyata, kalau diperhatikan, anggota keluarga pejabat publik lain yang maju pilkada banyak juga. Selama ini, bahkan, ada keluarga yang sanaknya berkuasa sampai berperiode-periode, misalnya keluarga Atut di Banten dan Yasin Limpo di Sulawesi Selatan. Dinasti para mantan presiden juga ada, baik di level daerah maupun nasional.

Salahkah? Secara aturan enggak salah, toh MK sudah membatalkan aturan pelarangan dinasti politik pilkada. Tapi, ingat enggak kalian Juli kemarin, Bupati Kutai Timur Ismunandar ditangkap KPK bersama istrinya, Encek, yang juga Ketua DPRD Kutai Timur? Ini menjadi alarm bahwa dinasti politik begini bisa berbahaya. 

Ada beberapa hal lain juga yang jadi perhatian masyarakat sipil, salah satunya kualitas demokrasi. #BukaData kali ini menjelaskannya buat kamu.

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadi yang pertama mengirimkan komentar dan berinteraksi dengan pengguna lain