19 Orang Ajukan Perlindungan ke LPSK, Terkait Peristiwa Kanjuruhan

11 Oktober 2022 04:41

Narasi TV

Warga mengintip melalui gerbang, menyusul kerusuhan setelah pertandingan antara Arema FC vs Persebaya, di stadion Kanjuruhan di Malang, provinsi Jawa Timur, 4 Oktober 2022. REUTERS/Willy Kurniawan

Penulis: Ani Mardatila

Editor: Frendy

Sebanyak 19 orang, yang berasal dari suporter Arema FC (Aremania) dan tenaga medis, secara resmi mengajukan permohonan perlindungan ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Dikutip dari Antara, Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi Pasaribu, mengatakan 19 orang yang mengajukan permohonan itu merupakan korban dan saksi di lapangan.

“Ya ada suporter, ada tenaga medis, suporter itu yang menyaksikan, ada yang jadi korban dibawa ke rumah sakit,” ucapnya.

Edwin menyebut, pengajuan permohonan perlindungan ini berkaitan dengan kesediaan mereka untuk menjadi saksi atas peristiwa Kanjuruhan, yang menewaskan 131 orang.

“Ada kebutuhan asas praduga, ada kesediaan menjadi saksi dalam perkara ini,” katanya.

Dia menuturkan, para pemohon telah bersedia untuk memberikan keterangannya apabila nanti ada panggilan dari Polda Jawa Timur.

“Kami juga sudah merekomendasikan ke Polda Jawa Timur kalau memang dibutuhkan, mereka siap dimintai keterangannya,” ucap Edwin.

6 Tersangka, Pemerintah Bentuk TGIPF

Polri sebelumnya telah menetapkan enam orang tersangka dalam tragedi Kanjuruhan, yakni Direktur PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Ir AHL, Ketua Panpel Arema FC AH, Security Officer SS, Kabag Operasi Polres Malang WSS, Danki III Brimob Polda Jawa Timur H, dan Kasat Samapta Polres Malang BSA.

Para tersangka itu, dijerat Pasal 359 dan 360 KUHP tentang Kelalaian yang Menyebabkan Kematian dan Pasal 103 Juncto Pasal 52 UU RI Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Pemerintah pun membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang diketuai oleh Menko Polhukam Mahfud MD.

TGIPF telah menemui sebagian besar pihak yang terlibat dalam pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10) malam, yang berujung pada kerusuhan hingga menewaskan ratusan suporter.

Kapolri Mutasi Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta

Selain itu, Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, juga telah memutasi Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Nico Afinta menjadi Staf Ahli Bidang Sosial Budaya (Sahli Sosbud) Kapolri.

Dia dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Jatim oleh Polri yang tercatat dalam Surat Telegram Kapolri dengan Nomor: ST/2134/X/KEP/2022 yang diterbitkan Senin, (10/10/2022).

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, membenarkan adanya mutasi sejumlah Perwira Tinggi (Pati) Polri tersebut, termasuk Irjen Pol Nico Afinta.

“Ya betul, tour of duty and tour area, mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi,” kata Dedi, seperti dikutip dari Antara.

Sebelum ini, Polri juga telah menonaktifkan Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat. Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2098/X/KEP./2022 tertanggal 3 Oktober 2022. 

Berbarengan dengan Ferli, sembilan komandan Brimob Polda Jatim juga diganti karena diduga telah melakukan penembakan gas air mata di dalam stadion.

ARTIKEL TERKAIT

TEKS

Tak Ada Zat Gas Air Mata di Tubuh Aremania Korban Kanjuruhan, Dokter: Hasil Pemeriksaan BRIN

TEKS

Tiga Polisi Jalani Rekonstruksi Kanjuruhan, Kok Gak Ada Tembakan Gas Air Mata ke Tribun Penonton?

TEKS

Polda Jatim Batalkan Autopsi Jenazah Korban Kanjuruhan, Klaim Tidak Ada Intimidasi ke Keluarga

TEKS

Kok Jokowi Gak Ajak PSSI Ngobrol Bareng Presiden FIFA di Istana Merdeka? Ini Hasil Obrolan Mereka

TEKS

Korban Meninggal Peristiwa Kanjuruhan Tambah Satu, Total 133 Orang

TEKS

Fakta-Fakta tentang CCTV di Stadion Kanjuruhan dalam Laporan TGIPF

VIDEO TERKAIT

13:11

Dokter TGIPF Kanjuruhan: Ada Senyawa Lain dalam Gas Air Mata

17:07

PSSI Minta Maaf dan Siap Tanggung Jawab atas Kasus Kanjuruhan

18:36

Cerita Korban Kanjuruhan: Sepekan Lebih, Mata Masih Pedih

15:48

MPR Usul Kepala Daerah Dipilih oleh DPRD

14:32

Polisi Akui Lontarkan Gas Air Mata Kedaluwarsa dalam Peristiwa Kanjuruhan

17:54

Tim Investigasi Rilis Temuan di Balik Peristiwa Kanjuruhan

13:37

Ferdy Sambo Hadapi Sidang Etik Kedua, Tuduhannya: Obstruction of Justice

01:27

Yuni Utami: Polwan yang Dipecat Setelah Tolak Bebaskan Tersangka Pemerkosaan

18:12

Tim Forensik Bantah Dugaan Penyiksaan Brigadir J

01:30

Bharada E Ajukan Diri Jadi Justice Collaborator. Apa Itu?

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya