7 Makanan Korea Yang Populer di Indonesia

2 Jan 2023 13:01 WIB

thumbnail-article

Tteokbokki, salah satu kuliner Korea yang populer di Indonesia. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Beberapa tahun terakhir budaya Korea semakin populer di Indonesia. Tidak hanya lewat K-pop dan K-drama saja, namun makanan Korea juga mulai menjadi bagian kuliner Indonesia.

Makanan khas negeri Gingseng tersebut tidak hanya bertengger di mall ibu kota, jajanan atau makanan Korea sudah banyak ditemui di kedai kecil atau pasar malam. Rasa asia dengan perpaduan asem manis membuat makanan Korea ini mudah diterima di lidah orang Indonesia. Berikut adalah makanan Korea yang populer di Indonesia. 

Kimchi

Mendengar kata kimchi pasti langsung mengingatkan kita pada Korea. Pasalnya makanan yang berasal dari fermentasi sayuran sawi putih ini menjadi makanan harian bagi orang Korea. Kimchi wajib sebagai lauk pendamping, baik itu nasi ataupun makanan lainnya.

Dilansir dari website Perpustakaan Universitas Indonesia, sayur yang identik berwarna oranye ini merupakan makanan tradisional Korea yang sudah ada sejak zaman tiga dinasti besar, yaitu zaman Dinasti Goryeo, Joseon, sampai zaman modern sekarang.

Komposisi kimchi biasanya terbuat dari sawi putih yang difermentasikan dengan dicampurkan bahan-bahan lainnya, seperti bubuk cabai, bawang putih, ikan asin, dan lain-lain. 

Kimbap

Jika dilihat secara sekilas kimbap mirip dengan makanan khas Jepang, sushi. Keduanya sekilas tampak serupa yakni hidangan nasi yang sama-sama digulung. Namun tentu keduanya memiliki perbedaan terutama pada isiannya, sushi biasanya berisi ikan tuna mentah, sementara kimbab berisi telur, sayur, dan daging sapi.

Dilansir dari laman food.ndtv.com, kimbab termasuk makanan sehat yang biasanya menjadi bekal sekolah anak-anak atau pekerja kantoran.

Tteokbokki

Makanan Korea selanjutnya  adalah tteokbokki. Makanan satu ini sering berseliweran di drama Korea salah satunya I’am Not Robot. Penonton dibuat ngiler dengan makanan yang memiliki tekstur kenyal ini. 

Tteokbokki sendiri adalah kue beras yang dimasak bersama bumbu gochujang atau pasta cabai Korea bercita rasa pedas dan manis. Umumnya tteokbokki dijual di pinggir jalan dan dinikmati bersama fish cakes, telur rebus, dan irisan daun bawang  yang membuat cita rasanya semakin lezat.

Ramyeon

Makanan berkuah dan pedas ini sudah tidak asing lagi bagi kalangan pecinta K-Drama. Sebuah drama romansa kurang lengkap tanpa adegan makan semangkuk ramyeon. Pasalnya, ajakan makan ramyeon kepada lawan jenis dalam drama Korea biasanya menjadi pertanda dimulainya kisah cinta dari para tokoh drama Korea.

Ramyeon merupakan mie instan Korea yang umumnya memiliki cita rasa pedas. Biasanya, ramyeon disajikan dengan berbagai topping mulai dari keju, telur setengah matang, dan kimchi

Odeng

Odeng atau kue ikan merupakan jajanan yang cukup populer di Korea Selatan. Awalnya jajanan ini terinspirasi dari kuliner Jepang. Namun kini menjadi salah satu makanan khas Korea.

Di Korea, odeng disebut dengan eomuk, biasanya makanan ini disajikan dengan tusuk sate dan direbus bersama dengan kuah kaldu. Odeng cocok dimakan saat cuaca lagi dingin.

Mandu

Mandu adalah jenis pangsit ala Korea dengan isian yang cukup beragam mulai dari kimchi, jamur, dan labu air. Penyajian makanan ini biasanya dikukus, digoreng atau direbus. Makanan ini semakin populer sejak tayangnya drama Hotel Del Luna. Dalam drama itu ada adegan mukbang yang membuat para penggemar ngiler. 

Meskipun disebut-sebut sebagai makanan Korea, mandu sendiri berasal dari China yang masuk ke Korea pada zaman Dinasti Goryeo.

Jajangmyeon

Bagi pecinta mie mungkin wajib coba makanan satu ini, Jajangmyeon merupakan olahan mie yang berasal dari Negeri Gingseng dengan tambahan saus kedelai hitam yang membuatnya berwarna gelap. Makanan satu ini sering berseliweran di banyak K-Drama. Pada Black Day yang diperingati setiap 14 April di Korea Selatan, seorang pria atau wanita yang belum memiliki kekasih akan menyantap jajangmyeon sebagai simbol penghiburan patah hati. 

Itulah 7 makanan Korea yang cukup populer di Indonesia. Dari ketujuhnya, kamu sudah mencicipi yang mana?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER