Ahmad Dhani Melarang Once Nyanyikan Lagu Dewa 19, EO Harus Bayar Royalti

29 Mar 2023 15:03 WIB

thumbnail-article

Musisi Ahmad Dhani melakukan sesi latihan jelang konsernya di Jakarta, Senin (30/12/2019). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Indra Dwi Sugiyanto

Ahmad Dhani melarang Once Mekel membawakan lagu milik Dewa 19. Larangan ini diberikan dengan alasan karena Ahmad Dhani tidak mau Tour Dewa 19 pasca Lebaran terganggu.

“Saya spesifik melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 sejak saya ucapkan di media hari ini,” jelas Ahmad Dhani kepada awak media.

Kendati demikian, Once Mekel tetap bisa menyanyikan lagu-lagu yang diciptakan oleh Ahmad Dhani. Ia menyebut hanya lagu-lagu Dewa 19 saja yang tidak boleh dinyanyikan Once Mekel selama batas waktu yang belum ditentukan.

“Dewa 19 saat ini sedang melakukan tour setelah Lebaran setiap minggu dua kali. Jadi tidak boleh ada konser-konser lain yang mengganggu menggunakan lagu-lagu Dewa 19,” tambah Ahmad Dhani.

Lagu Dewa 19 Dilindungi HAKI

Pernyataan yang dilontarkan Ahmad Dhani tersebut tidak menjadi masalah. Pasalnya, keputusan Dhani dilindungi oleh peraturan Direktorat Jenderal Hak dan Kekayaan Intelektual (Dirjen HAKI).

Sebelumnya, Ahmad Dhani sudah menyerahkan kuasa kepada Wahana Musik Indonesia (WAMI) terkait royalti. Jadi, ketika Once akan menyanyikan lagu Dewa 19 harus izin terlebih dahulu. Ketika sudah diizinkan, baru kemudian membayar royalti sehingga tidak bisa asal bernyanyi begitu saja.

“Pidananya itu ada di Pasal 113 UU Hak Cipta dan itu ada sanksi pidananya kalau misalnya dia melanggar Pasal 9 Ayat 1 huruf C, D, E, dan H. Itu pidananya 3 tahun,” jelas Dhani.

Kuasa Hukum Ahmad Dhani, Ali Lubis turut menjelaskan sanksi apabila Once melanggar keputusan Ahmad Dhani. Tidak hanya pidana, secara perdata pun Once bisa dikenai denda mencapai Rp. 500 juta.

Berawal dari EO

Kasus ini bermula dari unggahan akun Instagram Dewa 19, @officialdewa19 pada Selasa, 28 Maret 2023. 

Unggahan tersebut berisi permintaan kepada seseorang bernama Meidi WAMI untuk menyiapkan data EO (Event Organizer) yang mengundang Once. Meidi WAMI menjawabnya dengan kalimat, “Kita lagi cariin, karena banyak yang gak lapor.”

“Ternyata banyak yang berniat menggelapkan royalti,” tulis akun @officialdewa19.

Dari situ, bisa kita lihat bahwa yang dipermasalahkan oleh Ahmad Dhani adalah EO yang meminta Once Mekel menyanyikan lagu Dewa 19. Once Mekel tidak perlu membayar royalti, melainkan EO yang mengundang Once Mekel.

“Makanya di Instagram saya, yang saya tanya maksudnya itu EO. Yang nggak bayar siapa nih? Gitu. Nah rencananya kita akan bertindak karena ini kan sudah melanggar sebenarnya kan. Bukan melanggar, tapi berniat untuk menggelapkan,” jelas Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani juga menegaskan bahwa hubungannya dengan Once Mekel tidak ada masalah. Manajer Once sendiri juga tidak memegang data terkait EO yang belum bayar royalti kepada WAMI sehingga awak media tidak perlu menanyakan kepada Manajer Once.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER