Cara Mengatasi Darah Rendah, Pertolongan Pertama bagi Penderita Hipotensi

11 Juli 2023 19:07 WIB

Narasi TV

Pusing-pusing sebagi tanda darah rendah. Sumber: Alodokter.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Darah rendah adalah salah satu kondisi dimana seseorang memiliki tekanan darah di bawah 90/60. Meskipun tekanan darah seseorang dapat berubah-ubah, namun darah rendah juga perlu diwaspadai agar tidak menimbulkan penyakit serius. Simak penjelasan berikut ini mengenai cara mengatasi darah rendah.

Pada kondisi normal, tekanan darah seseorang berkisar antara <12 dan <80 untuk sistolik (bilangan atas) dan diastolik (bilangan bawah). Lebih dari angka tersebut berarti darah tinggi (hipertensi), sedangkan kurang dari angka tersebut berarti darah rendah (hipotensi).

Darah rendah bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena dehidrasi, kehamilan, masalah jantung, kekurangan nutrisi, kehilangan darah, atau infeksi berat (septikemia).  Seseorang dengan darah rendah biasanya akan mengalami gejala seperti pusing, penglihatan kabur, mual, sulit konsentrasi, kelelahan, hingga pingsan.

Menyembuhkan darah rendah tidak harus dengan mengonsumsi obat-obatan. Kondisi ini dapat diatasi dengan beberapa cara yang mudah dan dapat dilakukan di mana saja.

Cara mengatasi darah rendah

Berikut ini cara mengatasi darah rendah:

  • Makan garam

Garam mengandung sodium yang berfungsi meningkatkan tekanan darah. Meskipun disarankan untuk banyak makan garam, namun kamu juga harus tetap mengontrolnya. Alih-alih sembuh dari darah rendah, kamu justru terkena gagal jantung karena hipertensi.

  • Perbanyak minum air putih

Salah satu penyebab darah rendah adalah karena dehidrasi. Pastikan tubuh mendapat asupan cairan yang cukup. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk minum air putih yang banyak.

  • Duduk bersila

Duduk bersila dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Namun, cara ini tidak berlaku bagi seseorang yang menderita tekanan darah tinggi karena dapat berakibat fatal.

  • Minum minuman berkafein

Minuman yang mengandung kafein dipercaya mampu membantu melancarkan peredaran darah. Jadi, sangat disarankan untuk minum teh atau kopi bagi penderita darah rendah.

  • Konsumsi gula

Darah rendah juga bisa disebabkan karena kurangnya kadar gula dalam tubuh. Penderita darah rendah bisa mengonsumsi minuman mengandung gula. Tapi usahakan tetap mengontrolnya agar tidak menyebabkan diabetes.

  • Makan sedikit demi sedikit dengan porsi seimbang

Perhatikan pola makan yang baik dan pastikan gizi yang masuk ke tubuh pun cukup. Kamu bisa makan lebih sering dengan porsi yang kecil guna mencegah darah rendah.

  • Hindari gerakan mendadak

Gerakan mendadak dapat membuat kamu hilang keseimbangan. Misalnya ketika duduk dan tiba-tiba berdiri. Kamu pasti akan merasa pusing. Oleh karena itu, lakukan gerakan secara perlahan dan tidak terburu-buru.

  • Pakai stoking kompresi

Stoking kompresi berfungsi untuk mencegah terjadinya varises atau pembengkakan pembuluh darah vena di kaki. Stoking ini dapat meminimalisir risiko tekanan darah rendah.

Itu tadi tips atau cara mengatasi darah rendah. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR