4 Cara Mengunci Akun WA Agar Tetap Aman

14 Maret 2023 08:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi jejaring komunikasi dengan aplikasi WhatsApp. Sumber: Freepik.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Namun, karena WhatsApp berisi informasi pribadi, maka penting untuk menjaga keamanan aplikasi agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ada beberapa cara mudah untuk mengunci WhatsApp agar aman, seperti mengaktifkan fitur pengamanan, menggunakan fitur sidik jari atau pengenalan wajah, serta berhati-hati saat membuka tautan atau file yang mencurigakan. Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi WhatsApp Anda terlindungi dari ancaman keamanan.

Cara mengunci Whatsapp

Untuk mengunci WhatsApp agar aman, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  1.     Aktifkan fitur pengamanan WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur pengamanan yang dapat diaktifkan untuk mencegah orang lain mengakses aplikasi Anda tanpa izin. Fitur ini dikenal sebagai "Verifikasi Dua Langkah" (Two-Step Verification). Dengan fitur ini, setiap kali Anda ingin membuka WhatsApp di perangkat baru, Anda harus memasukkan kode pin 6 digit yang telah Anda buat.

Cara mengaktifkan fitur ini: Buka aplikasi WhatsApp, pilih Pengaturan > Akun > Verifikasi Dua Langkah > Aktifkan. Setelah itu, buatlah kode pin 6 digit dan konfirmasi kembali.

  1.     Gunakan fitur sidik jari atau pengenalan wajah

Jika ponsel Anda mendukung fitur sidik jari atau pengenalan wajah, maka Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membuka WhatsApp secara aman. Dengan cara ini, hanya sidik jari atau wajah Anda yang terdaftar yang dapat membuka aplikasi WhatsApp Anda.

Cara mengaktifkan fitur ini: Buka aplikasi WhatsApp, pilih Pengaturan > Akun > Privasi > Kunci Layar. Kemudian aktifkan fitur sidik jari atau pengenalan wajah sesuai dengan jenis pengamanan yang tersedia di perangkat Anda.

  1.     Jangan berikan nomor telepon dan kode verifikasi Whatsapp kepada orang yang tidak dikenal

Jangan berikan nomor telepon dan kode verifikasi WhatsApp Anda kepada orang yang tidak dikenal. Hal ini dapat membuka kesempatan bagi orang lain untuk mengakses aplikasi WhatsApp Anda. Pastikan Anda hanya memberikan nomor telepon dan kode verifikasi WhatsApp kepada orang yang dapat dipercaya.

  1.     Jangan buka tautan atau file yang mencurigakan

Jangan buka tautan atau file yang mencurigakan yang diterima melalui aplikasi WhatsApp. Hal ini dapat membuka kesempatan bagi orang lain untuk mengakses aplikasi WhatsApp Anda atau memasang malware di perangkat Anda. Pastikan untuk hanya membuka tautan dan file yang dikirim oleh sumber yang terpercaya.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi WhatsApp Anda aman dan terlindungi dari ancaman keamanan.

Demikian informasi seputar cara mengunci WA dengan aman dan mudah yang dapat Anda pelajari dan praktikkan langsung.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR