Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik untuk Pemula

4 Desember 2023 12:12 WIB

Narasi TV

Ilustrasi aktivitas menulis pada sebuah kertas.(Sumber: Freepik)

Penulis: Elok Nuriyatur Rosyidah

Editor: Rizal Amril

Punya hobi membaca artikel? Ingin mencoba menjadi penulisnya namun belum tahu cara menulis artikel yang baik? 

Menulis artikel yang baik dan menarik bukan perkara mudah, namun keterampilan satu ini sangat bisa dipelajari.

Sebagai manusia, aktivitas menulis sebenarnya merupakan aktivitas yang sangat dengan kehidupan kita.

Menurut World History Encyclopedia, aktivitas menulis sudah dilakukan sejak 35.000 Sebelum Masehi. Awalnya, menulis dilakukan menggunakan gambar.

Hal ini dibuktikan dari lukisan gua pada periode Manusia Cro-Magnon (sekitar 50.000 sampai 30.000 SM) yang menggambarkan kehidupan sehari-hari.

Lalu bagaimana dengan keterampilan menulis? Pertama, kamu harus tahu terlebih dahulu definisi artikel. 

Artikel dapat dipahami sebagai karya tulis berdasarkan fakta dan argumentasi yang ditulis sebagai laporan berita atau esai untuk dimuat di media massa seperti majalah, portal berita online, dan sebagainya.

Penulisan artikel memiliki tujuan untuk menyampaikan suatu ide, gagasan, atau bahkan kritik yang berkaitan dengan isu atau persoalan yang sedang dibahas oleh masyarakat. 

Selain itu, penulisan artikel juga bertujuan untuk memberikan informasi, mengedukasi, serta menghibur para pembacanya.

Cara menulis artikel yang baik

Sebagai seorang pemula, menulis artikel mungkin akan terasa sulit. Meskipun kita bisa menulis, tetapi seringkali tulisan kita sulit dipahami oleh orang lain.

Oleh karenanya, kamu bisa mempraktikkan cara menulis berikut ini untuk mengasah kemampuan menulismu.

1. Tentukan ide, topik, dan tema

Dalam membuat artikel yang baik, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan dulu ide atau pokok permasalah yang ingin diulas atau dijawab.

Untuk merangkai sebuah ide pokok, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti memilih topik yang menarik perhatian kamu, kemudian tentukan satu tema yang spesifik dari topik yang kamu pilih.

2. Menyusun kerangka artikel

Bagi seorang pemula cara kedua ini cukup penting. Kerangka bisa jadi petunjuk arah bagi kamu ketika menulis sebuah artikel.

Melalui kerangka, kamu juga bisa lebih fokus dalam mengembangkan ide pokok dalam tiap paragraf yang kamu tulis sehingga artikelmu fokus dalam satu persoalan, tidak melebar ke mana-mana.

3. Gunakan kalimat sederhana

Untuk memulai menulis, penting buatmu untuk menggunakan kalimat efektif. Hal ini berguna agar ide yang kamu bawa mudah dipahami.

Kalimat sederhana yang efektif merupakan dasar dari artikel. Kuasai dahulu teknik merangkai kalimat yang efektif sebelum mencoba untuk merangkai kalimat yang penuh variasi.

4. To the point

Hal yang sering dilupakan penulis pemula adalah ide pokok atau gagasan utama yang hendak disampaikan dalam artikel yang ditulis.

Untuk menghindari pembahasan yang terlalu melebar, kamu bisa membiasakan menulis secara to the point terlebih dahulu.

Jelaskan gagasan utama sejak awal artikelmu. Hindari pengulangan kalimat yang terlalu menjurus kemana-mana tidak langsung pada point yang jelas. 

Tulisan kamu harus langsung pada tujuannya agar pembaca bisa mencari manfaat dari tulisanmu dengan mudah.

5. Cantumkan judul yang menarik

Artikel yang baik tidak harus menggunakan judul yang panjang atau bahkan rumit. Fungsi utama judul dalam artikel adalah memberikan ancang-ancang bagi pembaca tentang informasi yang kamu tuliskan.

Oleh karenanya, mulailah dengan menulis judul yang sederhana dahulu. Buatlah judul yang kontekstual dengan isi artikel yang kamu tulis.

6. Terus Berlatih Menulis

Menulis adalah sebuah keterampilan yang perlu untuk selalu diasah. Keahlian menulis seseorang berbanding lurus dengan seberapa banyak ia mengasah keterampilan menulisnya.

Maka dari itu sebagai pemula kita harus terus berlatih keterampilan menulis artikel. Kamu bisa berlatih dengan memperbanyak waktu untuk menulis.

Semakin banyak kamu menulis bisa mengasah keterampilan menulismu.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR