Daftar Pemain Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2023, Baru 12 Nama Termasuk Jordi Amat

14 September 2023 15:09 WIB

Narasi TV

Timnas Indonesia U-23 mengikuti latihan di Sriwedari, Solo, Jawa Tengah pada Senin (11/9/2023). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Sebanyak 12 pemain sudah dipastikan masuk skuad Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga dalam Asian Games 2023 di Hangzhou, China pada 19 September hingga 7 Oktober mendatang.

Meskipun daftar pemain Timnas Indonesia untuk Asian Games 2023 diburu waktu karena padatnya jadwal timnas dan klub di liga domestik, PSSI menjelaskan tetap akan berusaha menurunkan skuad terbaiknya.

“Kita usahakan memaksimalkan pemain pilihan dari pelatih Indra yang terbaik, gitu aja,” ujar anggota Exco PSSI Endri Erawan pada Senin (11/9/2023), dikutip dari Antara.

Meski demikian, Endri menyadari bahwa padatnya jadwal klub di liga domestik membuat pemanggilan pemain mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya.

“Cuma kalau mencari paling baik agak sulit ya, artinya pilihan yang terbaik dari yang kita bawa ke Asian Games pasti akan dibawa pelatih Indra ke Asian Games sebanyak 22 pemain,” katanya.

Sebelumnya, pelatih Indra Sjafri menyatakan bahwa ia akan membawa skuad yang terdiri dari empat generasi dalam Asian Games 2023 nanti.

Empat generasi tersebut, kata Indra, terdiri dari skuad timnas U-22 SEA Games 2023, pemain timnas U-20 yang gagal berpartisipasi pada Piala Dunia U-20, pemain U-24 dan kelahiran 1999, serta para pemain senior.

"Itu saran Pak Ketum agar berikan penghargaan ke anak-anak yang ikut ke SEA Games kemarin ditambah pemain-pemain U-20 kemarin yang gagal [Piala Dunia U-20], ditambah kelahiran yang benar-benar regulasinya yaitu kelahiran 1999," kata Indra pada Juli lalu, dikutip dari Antara

Klub umumkan pemain yang ikut skuad timnas

Meskipun daftar seluruh skuad Timnas Indonesia untuk Asian Games 2023 belum resmi diumumkan oleh PSSI, beberapa klub telah mengumumkan pemain-pemain yang akan bergabung dengan timnas dalam ajang olahraga multi-event tersebut.

PSIS Semarang baru-baru ini mengumumkan bahwa Alfeandra Dewangga adalah pemain PSIS keempat yang dipanggil untuk memperkuat timnas di Asian Games 2023. 

Sebelumnya, tiga pemain dari PSIS juga telah diumumkan, yaitu Luthfi Kamal, Adi Satryo, dan Haykal Alhafiz.

CEO PSIS Semarang AS Sukawijaya merasa senang melihat pemain-pemainnya mendapatkan kesempatan untuk mewakili Timnas Indonesia. 

Namun, ia berharap ketiga pemain yang dipanggil lebih awal dapat kembali beberapa hari sebelum Asian Games untuk bermain melawan Persis Solo.

Persib Bandung juga turut serta dengan mengirim dua pemain muda, Kakang Rudianto dan Robi Darwis, untuk memperkuat Timnas U-23. 

Kedua pemain tersebut telah memulai pemusatan latihan di Jakarta pada tanggal 7-15 September 2023 sebelum berangkat ke China.

George Brown, bek kanan Persebaya Surabaya, juga telah dipanggil oleh Indra Sjafri. 

Borneo FC mengirimkan Hugo Samir, sementara Bali United melepaskan Kadek Arel Priyatna untuk mewakili timnas.

Meskipun pemusatan latihan untuk Asian Games belum berjalan secara maksimal karena berbagai kegiatan seperti Kualifikasi Piala Asia U-23 dan FIFA Matchday, PSSI tetap berusaha mengoptimalkan persiapan tim. Sejauh ini, pemain yang berkumpul masih terbatas.

Terdapat juga spekulasi bahwa Jordi Amat akan menjadi salah satu pemain senior yang dipanggil. 

Namun, keputusan ini masih harus menunggu persetujuan dari klubnya, Djohor Darul Takzim.

“[Jordi Amat] Belum tentu bisa tapi ada di dalam long list. Selain itu ada Rachmat Irianto, Marc Klok. Cuma memang belum dipastikan dari tiga senior yang dipilih pelatih Indra mungkin akan dipilih yang terbaik,” kata Endri.

Daftar pemain skuad timnas Indonesia untuk Asian Games 2023

Daftar pemain yang telah diumumkan hingga saat ini adalah sebagai berikut:

  1. Kakang Rudianto (Persib),
  2. Robi Darwis (Persib),
  3. George Brown (Persebaya),
  4. Hugo Samir (Borneo FC),
  5. Luthfi Kamal (PSIS),
  6. Adi Satryo (PSIS),
  7. Haykal Alhafiz (PSIS),
  8. Alfeandra Dewangga (PSIS),
  9. Kadek Arel Priyatna (Bali United),
  10. Rachmat Irianto (Persib/senior),
  11. Marc Klok (Persib/senior),
  12. Jordi Amat (JDT/senior).

Timnas Indonesia nantinya akan berlaga di grup F Piala Asia 2023 bersama Korea Utara, Kirgizstan, dan China Taipei.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR