Bacaan Doa Setelah Pulang Umroh Arab, Latin dan Terjemahannya

20 Dec 2023 14:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi ibadah umrah di tanah suci. (Sumber: Pexels/Yasir Gurbuz)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Bacaan doa setelah pulang umroh bisa kamu amalkan bagi kamu yang baru pulang setelah pulang umroh. Umroh sendiri adalah ibadah sunah yang dijalankan oleh umat Islam.

Mengutip dari NU Online, mengutip dari Fiqhul Islam Syarh Bulugul Maram karangan Syekh Abdul Qadir Syaibatul Hamdi, pengertian umrah secara terminologi adalah

واصطلاحا هى الاحرام من الميقات والطواف والسعى والحلق أو التقصير  

Artinya, “Umrah adalah ibadah yang mencakup beberapa rangkaian berikut; ihram di miqat masing-masing, tawaf, sai dan mencukur, baik ‘cukur botak’ maupun tidak.”  

Doa setelah pulang umroh versi pertama

Jemaah umrah yang selesai melaksanakan seluruh rangkaian ibadah umrah dapat melafalkan doa sebagai berikut.

رَبَّنَااَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِحَسَنَةً وَقِنَاعَذَابَ النَّاِر. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ

Robbanaa aatina fiddun ya hasanah, wafil aakhiroti hasanah, waqinaa 'adzaa bannaar. Walhamdulillahi robbil 'alamin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa api neraka. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam."

Doa setelah pulang umroh versi kedua

Terdapat pula doa setelah pulang umrah lainnya sebagai berikut:

للهم سَهِّلْ أُمُوْرَنَاوَحَصِّلْ مَقَاصِدَنَاوَبَلِّغْنَا إِلَيْكَ يَا اَللهُ. اللهم اجْمَعْنَاجَمْعًامَرْحُوْمًا اللهم إِنَّانَسْئَلُكَ النِّعْمَةَوَالرَّحْمَةَ وَحُسْنَ الْخَاتِمَة

Allahummasahhil umuuronawahasshil maqooshidanawaballignaa ilaika yaAllah. Allahummaj ma' jam'an marhuuma. Allahumma inna nas-alukanni'mata warrohmata waqusnal qhotimah.

Artinya: "Ya Allah, mudahkanlah segala urusan kami, capai tujuan kami, dan sampaikanlah kami kepada-Mu, wahai Allah. Ya Allah, kumpulkanlah kami bersama mereka yang mendapatkan rahmat-Mu. Ya Allah, kami memohon nikmat, rahmat, dan akhir yang baik kepada-Mu."

Doa setelah pulang umroh versi ketiga

Doa setelah pulang umrah juga dapat menggunakan doa berikut:

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ حَجَّنَاحَجًّامَبْرُوْرًا، وَعُمْرَتَنَاعُمْرَةًمَبْرُوْرًا،وَسَعْيَنَاسَعْيًامَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَاذَنْبًامَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَاعَمَلًاصَالِحًا مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَتَنَاتِجَارَةً لَنْتَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِى الصُّدُوْرِأَخْرِجْنَامِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ

Allahummaj'al hajjana hajjan mabruron, wa 'umrotana 'umrotan mabruron, wasa' yana sa'yan masykuro, wa dzambanaa dzanban maghfuro, wa 'amalana 'amalan sholihan maqbula, watija rotana tijaarotan lan tabuur, yaa 'aalima maa fis shuduur, akhrijna mina dzulumaati ilannuur.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah haji kami haji yang mabrur, umrah kami umrah yang mabrur, sa'i kami sa'i yang syukur, dosa kami dosa yang diampuni, amal kami amal yang diterima, dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi. Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang ada dalam hati, keluarkanlah kami dari kegelapan menuju cahaya."

Doa setelah pulang umroh versi keempat

Selain tiga doa di atas, terdapat pula doa pulang umrah keempat sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىٰ سَـيِّدِنَامُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَابِهَاحَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil'alamin. Allahumma sholli wasallim wabaarik 'alaa sayyidina muhammadin sholatan tuballighuna bihaa hajja baitikal haraami wa ziyarota qobri nabiyyika muhammadin shallallahu 'alaihi wa sallam.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi-Nya, Tuhan semesta alam. Ya Allah, limpahkanlah selawat, salam, dan berkah kepada junjungan kami Nabi Muhammad, melalui selawat ini kami diperkenankan berhaji ke Baitullah dan ziarah ke makam Nabi Muhammad saw."

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER