Fakta dan Rekor Final Piala Dunia Prancis Vs Argentina di Qatar 2022

20 Dec 2022 14:12 WIB

thumbnail-article

Piala Dunia FIFA Qatar 2022 - Final - Argentina v Prancis - Stadion Lusail, Lusail, Qatar - 18 Desember 2022 Lionel Messi dari Argentina mengangkat trofi Piala Dunia bersama rekan setim saat mereka merayakan setelah memenangkan Piala Dunia REUTERS/Kai Pfaffenbach

Penulis: Agung Pratama S.

Editor: Akbar Wijaya

Argentina menjadi juara Piala Dunia Qatar 2022 usai mengandaskan perlawanan Prancis lewat babak adu penalti, setelah bermain imbang 3-3 hingga babak perpanjangan waktu.  

Apa saja fakta menarik yang terjadi sepanjang jalannya laga?

1. Piala Dunia dengan Jumlah Gol Terbanyak

Piala Dunia 2022 Qatar tercata sebagai piala dunia dengan jumlah gol terbanyak dalam sejarah. Gol penyerang Prancis Kylian Mbappe pada menit ke-118 saat menghadapi Argentina di babak final menjadi gol ke-172, di luar babak adu penalti, pada sepanjang gelaran Piala Dunia Qatar 2022.

Hal ini menunjukan rata-rata ada 2.69 gol per laga pada Piala Dunia Qatar 2022.

Sebelumnya, Piala Dunia dengan hasil gol terbanyak dipegang oleh Prancis 1998 dan Brazil 2014. Pada dua edisi tersebut, tercatat gol yang tercipta yaitu 171 gol.

2. Empat Gol Mbappe Lewati Catatan Pele

Mega bintang Prancis dan Paris Saint Germain Kylian Mbappe berhasil mencatatkan hattrick pada final Piala Dunia.

Catatan ini sebelumnya hanya pernah dilakukan oleh Geoff Hurst pada Final Piala Dunia 1966. Catatan ini makin spesial karena Mbappe lakukan di usia 23 tahun.

Sir Geoff Hurst mencetak hattrick pada laga final Piala Dunia 1966, saat itu Inggris mengalahkan Jerman Barat. Atas capaian Mbappe ini pun ia mengucapkan selamat melalui akun twitternya

Many congratulations to Mbappe, whatever happens, i’ve had a great run!” tweet Geoff. PT PEP

Dalam laga final melawan Argentina, Mbappe berhasil membawa Prancis keluar dari lubang jarum dengan meyematkan dua gol cepat dan menjadikan kedudukan yang semula 0-2 untuk Argentina menjadi imbang 2-2.

Gol pertamanya ia catatkan dari titik penalti, setelah Nicolas Otamendi melanggar Kolo Muani di kotak terlarang. Beberapa menit berselang, lewat sepakan setengah volinya usai menerima umpan dari Marcus Thuram Mbappe berhasil memaksa Argentina untuk bermain di babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu Mbappe kembali menunjukan kelasnya sebagai striker yang tajam. Ia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 setelah Prancis tertinggal 2-3 lewat gol Messi di akhir perpanjangan waktu kedua sehingga memaksa laga berlanjut ke babak adu penalti.

Ia pun maju menjadi penendang penalti pertama dari tim Prancis dan kembali dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. 

Torehan empat gol Mbappe melewati catatan Pele, Zidane, Hust dan Vava untuk gol terbanyak dalam laga final Piala Dunia.

3. Sepatu Emas Mbappe

Berhasil menyarangkan empat gol di babak final juga menjadikan Mbappe sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2022 dan diganjar sepatu emas.

Dalam usia 23 tahun Mbappe berhasil mencatatkan delapan gol selama edisi Piala Dunia 2022 Qatar. Catatan golnya pun mengungguli catatan Lionel Messi yang hanya mencetak tujuh gol di posisi kedua.

Mbappe yang masih berusia 23 tahun, sangat mungkin menambah pundi-pundi gol di Piala Dunia edisi selanjutnya. Saat ini, Mbappe total sudah mencetak 12 gol dalam ajang Piala Dunia. Jumlah golnya hanya tertinggal empat gol dari pencetak gol terbanyak Piala Dunia saat ini, Miroslav Klose dengan 16 gol.

4. Gelar Piala Dunia Bagi Argentina Setelah 36 Tahun

Gelar Piala Dunia 2022 Qatar menjadi gelar ketiga bagi Argentina selama keikutsertaannya di Piala Dunia. Sebelumnya mereka menjuarai Piala Dunia 1978 dan 1986.

Capaian ini semakin spesial karena kemenangan mereka diraih dengan mengandaskan Prancsis sebagai juara bertahan Piala Dunia.

Argentina dan Messi sebetulnya berkesempatan meraih gelar juara pada edisi Piala Dunia 2014. Saat itu mereka juga berhasil mencapai partai puncak Piala Dunia dengan berhadapan melawan Jerman.

Bermain sampai imbang pada waktu normal, Jerman berhasil mengunci gelar Piala Dunia 2014 saat itu lewat gol tunggal Mario Gotze.

Kekalahan itu membuat Messi harus puas menunda mimpinya menghadirkan kembali trofi Piala Dunia ke Argentina.

Selain menjadi juara Piala Dunia 2022 Qatar, sejumlah gelar individu pun disabet oleh pemain La Albiceleste. Seperti gelar pemain terbaik berhasil diraih oleh Lionel Messi, penjaga gawang terbaik diraih oleh Emiliano Martinez, serta pemain muda terbaik yang diraih oleh Enzo Fernandez.

Argentina pun berhasil mengawinkan gelar Piala Dunia 2022 Qatar dengan gelar Copa America 2021 yang sudah mereka raih sebelumnya. Gelar-gelar ini juga dapat menjadi hadiah manis bagi Messi pada penghujung kariernya.

Sang mega bintang yang saat ini sudah berusia 35 tahun, sudah resmi memberikan gelar tertinggi dalam kancah sepak bola kepada negaranya. Hal ini juga menjadi jawaban bagi peragunya setelah serangkaian kegagalan pada ajang-ajang internasional lainnya di edisi sebelumnya.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER