7 Fakta Menarik tentang Paus Orca, Mamalia Laut yang Luar Biasa Pintar

15 Juni 2023 18:06 WIB

Narasi TV

Paus orca bernama Lolita diberi makan oleh pelatih di tengah pertunjukan di Miami Seaquarium pada 21 Januari 2015. REUTERS/Andrew Innerarity

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Anda mungkin pernah mendengar tentang paus orca, makhluk laut yang menakjubkan dan terkenal dengan nama "paus pembunuh." 

Kendati dikenal sebagai paus, secara taksonomi paus orca merupakan mamalia yang termasuk dalam famili lumba-lumba (delphinidae).

Paus orca menjadi satu-satunya spesies yang masih bertahan hidup dalam genus Orcinus.

Mamalia ini secara resmi tidak dimasukkan sebagai hewan yang terancam punah. Namun, hal tersebut dikarenakan minimnya data yang dapat dikumpulkan untuk mengetahui populasi paus orca.

Menjaga keberlangsungan hidup paus orca merupakan hal penting. Untuk itu, berikut adalah fakta mengenal paus orca lebih dalam.

Fakta paus orca

Berikut ini merupakan fakta-fakta tentang paus orca, salah satu lumba-lumba yang punya metode berburu paling efektif di lautan.

1. Penampilan dan ukuran

Paus orca adalah salah satu predator puncak di laut. Mereka memiliki tubuh yang besar dan ramping, dengan panjang rata-rata sekitar 6-8 meter. 

Panjang tubuh paus orca dilaporkan dapat mencapai mencapai 10-12 meter. Mamalia satu ini juga dapat tumbuh dengan berat hingga 10 ton.

Jantan biasanya lebih besar daripada betina. Paus orca memiliki tubuh berwarna hitam dan putih yang kontras, dengan pola yang unik pada setiap individu, mirip dengan sidik jari manusia.

2. Kelompok sosial

Paus orca hidup dalam kelompok sosial yang kompleks yang disebut pod. 

Pod terdiri dari beberapa individu yang terkait secara sosial, termasuk ibu, anak, dan beberapa generasi. 

Mereka memiliki hubungan yang kuat dan berkomunikasi menggunakan berbagai suara, termasuk seruan, peluit, dan capitan.

3. Makanan

Paus orca adalah pemangsa yang sangat cerdas dan menu makanan yang beragam di lautan.. 

Sebagai karnivora, paus orca memakan hewan lain mulai dari ikan, cumi-cumi, pinguin, hingga mamalia laut seperti anjing laut dan bahkan paus.

Mereka juga dikenal melakukan beach hunting, yaitu mendorong mangsa mereka ke pantai dengan kerjasama yang terkoordinasi.

4. Kemampuan berburu yang cerdas

Paus orca terkenal karena strategi berburu mereka yang cerdas. Mereka memanfaatkan pod (kelompok paus orca) untuk membagi tugas dalam berburu. 

Mereka menggunakan taktik seperti berenang dalam formasi dan menciptakan gelombang untuk menghanyutkan mangsa ke permukaan. 

Beberapa kelompok paus orca bahkan terkenal dengan teknik unik mereka, seperti berenang di samping anjing laut yang berjemur di es dan menendangnya ke air.

Melansir National Geographic, sekelompok paus orca pernah ditemukan berhasil memburu seekor paus biru, hewan terbesar di dunia.

5. Keunikan budaya

Satu hal yang menarik tentang paus orca adalah kemampuan mereka untuk mengembangkan keunikan budaya di antara kelompok-kelompok mereka. 

Budaya paus orca meliputi perilaku seperti bermain dengan objek, menggunakan alat seperti batu untuk membantu dalam mencari makanan, dan mempelajari teknik berburu dari anggota kelompok yang lebih berpengalaman.

Salah satu keunikan paus orca adalah kemampuan untuk menciptakan pola komunikasi yang berbeda-beda sesuai dengan kelompoknya.

Pola komunikasi satu kelompok paus orca akan berbeda dengan kelompok lain. Hal tersebut serupa dengan apa yang disebut dialek dalam sistem komunikasi manusia.

6. Kepintaran yang tinggi

Paus orca adalah salah satu hewan yang paling cerdas di laut. Mereka memiliki otak yang besar dan kompleks, serta kemampuan belajar yang luar biasa. 

Paus orca telah terbukti mampu memecahkan teka-teki, mengenali diri mereka sendiri dalam cermin, dan belajar melalui pengalaman.

7. Ancaman dan perlindungan

Meskipun paus orca merupakan predator puncak, aktivitas manusia di lautan bisa menjadi ancaman bagi keberlangsungan hidup paus orca.

Melansir WWF, kapal dan kebisingan dalam laut dapat berdampak pada kemampuan ekolokasi dan interaksi paus orca.

Paus orca juga harus bersaing dengan pola penangkapan ikan berlebih (overfishing) yang dilakukan manusia untuk mendapatkan makanan.

Pencemaran juga menjadi ancaman bagi keberlangsungan mamalia satu ini. Kandungan pestisida dan zat kimia industri diketahui berdampak pada jaringan orang tubuh dan mempengaruhi sistem imun dan reproduksi mereka.

Perlindungan paus orca dan habitat mereka sangat penting untuk menjaga keberlanjutan spesies ini.

Demikian informasi seputar beberapa fakta menarik tentang paus orca yang jarang diketahui oleh orang.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR