Generasi Stroberi, Si Kreatif yang Sering Dianggap Lembek Saat Menghadapi Tekanan

18 April 2023 11:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi dua anak muda yang tampak lelah. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Pernah mendengar istilah generasi stroberi atau strawberry generation? Generasi stroberi adalah generasi muda yang kreatif dan memiliki banyak ide cemerlang, tapi mudah hancur ketika mendapat tekanan sosial. Mereka menjadi tidak mau bekerja keras karena menyerah dengan tekanan yang ada.

Awalnya, istilah generasi stroberi muncul di Taiwan untuk menandakan generasi yang lahir setelah tahun 1981. Namun, istilah tersebut mengalami pergeseran penyebutan dan merujuk pada generasi di bawah milenial yang dianggap lunak seperti buah stroberi.

Ada pula yang menganggap bahwa generasi stroberi tidak harus dikelompokkan menurut usia. Istilah ini bisa berlaku bagi generasi tertentu yang memiliki karakter seperti buah stroberi. Karakter ini bisa muncul dalam kehidupan sehari-hari maupun saat bekerja.

Mengenal generasi stroberi

Menurut Prof. Rhenald Kasali yang menulis buku berjudul Strawberry Generation, orang-orang generasi stroberi penuh dengan gagasan kreatif, tapi mudah menyerah dan sakit hati. Hal ini bisa disebabkan karena pola didik orang tua yang tidak bisa “keras” lantaran anak bisa merasa disakiti sehingga cenderung membantah orang tuanya.

Generasi stroberi ingin mendapat sesuatu secara instan. Padahal, tidak semua hal bisa didapatkan secara instan. Harus ada proses untuk mencapai kesuksesan. Jika mereka mengalami kesulitan, mereka cenderung lari dan tidak mau berusaha.

Faktor yang menyebabkan generasi stroberi memiliki karakter seperti itu adalah karena mereka tumbuh di lingkungan yang lebih secure dan serba mudah. Bahkan pola didik orang tua yang overprotective justru membuat mereka tidak terbiasa dikritik, menghindari hal yang dianggap sulit, dan tidak mau mengambil risiko.

Dianggap generasi pemalas

Generasi stroberi juga dianggap sebagai generasi pemalas. Hal tersebut karena biasanya generasi stroberi menginginkan kesuksesan, tapi mereka juga ingin santai. Padahal, untuk mencapai kesuksesan perlu adanya semangat juang yang tinggi.

Beberapa kalimat andalan generasi stroberi adalah “healing” atau “refreshing”. Memang betul kita harus menyeimbangkan antara bekerja dengan refreshing, tetapi bukan berarti lari dari masalah. Justru sebaliknya, kita harus menyelesaikan masalah tersebut.

Selain itu, ada pula istilah “self reward”. Alih-alih membeli sesuatu sesuai kebutuhan dan ingin mengapresiasi diri, self reward justru membuat generasi stroberi menjadi boros dan konsumtif. Padahal ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk self reward seperti menonton film, quality time di rumah, dan lain sebagainya.

Sisi positif generasi stroberi

Walaupun dikenal sebagai generasi yang lembek atau mudah rapuh, tetapi generasi stroberi memiliki sisi positif yang patut dibanggakan. Sisi positif tersebut di antaranya:

  • Menyukai tantangan

Generasi stroberi menyukai tantangan karena dianggap mampu menguji dan mengasah kemampuan mereka. Hal ini sangat berguna untuk pengembangan karier mereka di masa mendatang agar bisa menjadi seorang yang profesional.

  • Tidak takut menyampaikan pendapat

Generasi stroberi tidak takut untuk menyampaikan pendapatnya. Apalagi jika pendapat tersebut adalah ide-ide yang inovatif sehingga berpotensi memajukan perusahaan.

  • Mengikuti perkembangan zaman

Generasi stroberi hampir mirip dengan generasi milenial dan gen Z yang mengikuti perkembangan zaman. Mereka aktif menggunakan internet dan lincah menggunakan teknologi terkini.

  • Bekerja sesuai passion

Generasi stroberi tidak hanya mengejar uang, mereka juga mengejar passion ketika bekerja. Walaupun uang memang menjadi prioritas, namun bekerja sesuai passion lebih penting agar generasi stroberi bisa fokus mengembangkan diri.

  • Kreatif

Generasi stroberi memiliki pemikiran yang kreatif, kritis, dan cerdas. Ditambah lagi kemampuan mereka dalam menyikapi perkembangan teknologi juga turut menjadi kelebihan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR