Hari Daur Ulang Sedunia 18 Maret 2023: Sejarah, Tema, dan Cara Berpartisipasi

18 Maret 2023 12:03 WIB

Narasi TV

Kardus sebagai salah satu sampah yang dapat didaur ulang. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Tanggal 18 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Daur Ulang Sedunia atau Global Recycling Day. Sesuai namanya, Hari Daur Ulang Sedunia merupakan bentuk ajakan untuk mengolah kembali barang yang sudah tidak terpakai menjadi sesuatu yang bermanfaat. 

Setiap tahunnya, Bumi menghasilkan miliaran ton sumber daya alam. Suatu saat, di waktu yang tidak lama lagi, sumber daya alam di Bumi akan habis. Oleh karena itu, kita perlu memikirkan ulang barang-barang yang kita buang. Alih-alih menganggapnya sebagai sampah, barang yang sudah tidak terpakai dapat dilihat sebagai peluang. 

Daur ulang merupakan kunci dari ekonomi sirkular yang dapat membantu melindungi ketersediaan sumber daya alam. Mengutip situs Global Recycling Say, barang-barang daur ulang atau yang disebut “Seventh Resource” mampu menghemat lebih dari 700 juta ton emisi CO2 setiap tahunnya. 

Sejarah Hari Daur Ulang Sedunia

Hari Daur Ulang Sedunia diinisiasi pada 2018 oleh organisasi Global Recycling Foundation. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan sekaligus merayakan pentingnya peran daur ulang dalam melestarikan sumber daya alam. 

Hari Daur Ulang Sedunia merupakan ajakan untuk mengutamakan planet Bumi, mengambil aksi, dan mengubah cara pandang pemerintah, pebisnis, komunitas, dan individu di seluruh dunia untuk melihat barang daur ulang sebagai salah satu sumber daya.

Misi dari Hari Daur Ulang Sedunia yang ditentukan oleh Global Recycling Foundation mencakup:

  1. Memberitahu pemimpin dunia bahwa permasalahan daur ulang terlalu penting untuk tidak dijadikan isu global, dan dibutuhkan segera adanya pendekatan umum untuk daur ulang.
  2. Meminta penduduk dunia untuk melihat barang yang sudah tidak terpakai sebagai sumber daya alih-alih sampah.

Tema Hari Daur Ulang Sedunia

Hari Daur Ulang Sedunia 2023 mengusung tema “Creative Innovation” atau “Inovasi Kreatif”. Pemilihan tema ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam mengolah barang tak terpakai menjadi produk daur ulang. 

Dibutuhkan ide-ide out of the box untuk mengolah barang tak terpakai menjadi sesuatu yang tak hanya memiliki nilai guna, tetapi juga nilai estetika. 

Cara memperingati Hari Daur Ulang Sedunia

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk turut berpartisipasi dalam Hari Daur Ulang Sedunia. 

  • Melakukan daur ulang

Jangan buang barang tak terpakai yang sekiranya masih bermanfaat. Sulap barang-barang tersebut menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna. Misalnya, gunakan galon bekas sebagai pot untuk menanam sayuran.

  • Menyebarkan kampanye pentingnya daur ulang

Jika merasa belum mampu mempraktikkan daur ulang, setidaknya kita dapat membantu menyebarkan pentingnya daur ulang melalui kampanye di media sosial. 

  • Berterima kasih kepada mereka yang melakukan daur ulang

Tunjukkan rasa terima kasih pada mereka yang secara konsisten melakukan praktik daur ulang. Sampaikan apresiasi melalui media sosial sekaligus mempromosikan kegiatan daur ulang.

  • Menerapkan prinsip 3R

Lakukan praktik 3R yaitu reduce, reuse, dan recycle dalam kehidupan sehari-hari.  

Selamat merayakan haru daur ulang sedunia!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR