Perayaan Hari TNI AU 09 April 2023 dan Sejarah Terbentuknya Angkatan Udara Indonesia

9 April 2023 05:04 WIB

Narasi TV

Atraksi pesawat Tim Aerobatik Jupiter saat gladi HUT ke-77 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (6/4/2023). Atraksi tersebut dipersiapkan untuk perayaan Hari TNI Angkatan Udara 9 April 2023. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Hari TNI Angkatan Udara diperingati jatuh pada tanggal 9 April 2023. Pada tanggal tersebut TNI Angkatan Udara resmi berdiri.

Melansir Antara, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyatakan peringatan HUT TNI AU ke-77 akan berpusat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Minggu (09/04).

Perayaan Hari TNI AU pada Minggu nanti akan dimeriahkan oleh atraksi 89 pesawat berbagai jenis dan 3.693 personel TNI AU. 

Tema yang diusung pada perayaan hari TNI tahun ini adalah “Professional, Tangguh, dan Modern sebagai Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan”.

Sejarah Hari TNI Angkatan Udara 09 April

Melansir situs resmi TNI Angkatan Udara, sejarah berdirinya TNI AU bermula dari terbentuknya Badan Keamanan Rakyat (BKR) pada 23 Agustus 1945.

Ketika BKR berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945, dibentuklah TKR jawatan penerbagan yang dikomandoi oleh Komodor Udara Soerjadi Soerjadarma.

TKR jawatan penerbangan tersebut menjadi cikal bakal TNI AU.

Pada tahun 1946, tepatnya 23 Januari 1946, militer Indonesia mengalami reorganisasi.

Badan militer yang semula TKR, kemudian diubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Kemudian, tiga bulan setelah reorganisasi tersebut, tepatnya pada 9 April 1946, TRI jawatan penerbangan dihapus dan diganti menjadi Angkatan Udara Republik Indonesia.

Kini, peristiwa tersebut dimaknai sebagai Hari TNI Angkatan Udara.

Perayaan HUT TNI AU 2023

Untuk memperingati HUT TNI AU ke-77, TNI AU telah menyiapkan acara pokok berupa parade dan defile yang akan dilakukan di udara dan darat. 

Kegiatan yang dilakukan antara lain adalah penampilan pesawat-pesawat TNI AU, simulasi pembebasan sandera (basra) oleh pasukan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat), hingga penampilan berbagai tipe senjata Kopasgat.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyatakan bahwa demo udara pada acara puncak HUT TNI AU ke-77 melibatkan 89 pesawat berbagai peruntukan.

Sebanyak 36 pesawat tempur yang terdiri dari pesawat F-16 Fighting Falcon, Sukhoi SU-27/30, T-50i Golden Eagle dan EMB-314 Super Tucano juga akan menunjukkan berbagai manuver dalam acara puncak tersebut.

Selain defile pesawat tempur, ada pula 1.070 prajurit yang terdiri dari para penerbang dan ground crew yang akan melakukan demo udara.

Adapun untuk demonstrasi darat akan menampilkan berbagai macam simulasi pertempuran darat yang nantinya dilaksanakan oleh prajurit Kopasgat TNI AU.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR