Hasil Kualifikasi Piala Dunia Semalam Indonesia Kalah Menyakitkan

17 November 2023 16:11 WIB

Narasi TV

Sejumlah penggawa timnas Indonesia ketika mengikuti latihan pada Selasa (14/11/2023) sore waktu setempat di Irak untuk laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia mengalami kekalahan dengan skor 1-5 dari Irak pada matchday pertama Grup F Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Basra International Stadium pada Kamis (16/11/2023).

Dalam pertandingan ini, para pemain Indonesia menghadapi tantangan besar di markas Irak yang dipadati oleh 65 ribu penonton. Elkan Baggott dan rekan-rekannya menghadapi situasi sulit di laga tandang ini. Meskipun demikian, pertandingan berlangsung dengan intensitas tinggi di mana Tim Garuda mendapat tekanan beruntun dari tuan rumah.

Irak cetak lima gol

Pada menit ke-20, gawang Indonesia berhasil ditembus oleh tendangan mendatar Bashar Rasan, memberikan keunggulan 1-0 untuk Irak. Jordi Amat juga terpaksa mencatatkan gol bunuh diri setelah mengantisipasi bola Ibrahim Bayesh dengan tidak tepat, membuat skor menjadi 2-0 untuk tuan rumah.

Meskipun demikian, Timnas Indonesia tidak menyerah begitu saja. Shayne Pattynama berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 menjelang turun minum. Meskipun demikian, Irak terus memberikan tekanan di babak kedua.

Pada menit ke-60, Osama Rashid mencetak gol untuk Irak, menjadikan skor menjadi 3-1. Meskipun Timnas Indonesia berusaha keras, mereka kesulitan keluar dari tekanan lawan. Keadaan semakin sulit ketika Youssef Amyn mencetak gol ke gawang Indonesia, membuat skor menjadi 4-1.

Kekalahan semakin terukir ketika Ali Al-Hamadi mencetak gol pada menit ke-88, mengakhiri pertandingan dengan skor 5-1 untuk kemenangan Irak. Meski hasilnya tidak memuaskan bagi Indonesia, perjuangan Timnas Garuda tetap menjadi sorotan.

Susunan pemain Irak dalam formasi 4-2-3-1 dan Indonesia dalam formasi 3-4-1-2 juga menjadi bagian penting dari pertandingan ini. Meski mengalami kekalahan, Timnas Indonesia dapat memanfaatkan pengalaman ini untuk memperbaiki performa di pertandingan berikutnya.

Susunan Pemain Indonesia vs Irak

Irak (4-2-3-1): Jalal Hassan; Hussein Ali, Rebin Sulaka, Ali Adnan, Merchas Doski (belakang); Osama Rashid, Amir Al-Ammari (tengah); Ibrahim Bayesh, Ali Jasim, Bashar Rasan (tengah); Hussein (depan)

Pelatih: Jesus Casas

Indonesia (3-4-1-2): Nadeo; Elkan Baggott, Rizky Ridho, Jordi Amat (belakang); Shayne Pattynama, Adam Alis, Marc Klok, Asnawi (tengah); Ricky Kambuaya (tengah); Dendy Sulistyawan, Dimas Drajad (depan).

Pelatih: Shin Tae-yong

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR