Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Ekstrovert

20 Feb 2023 17:02 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi orang ekstrovert yang gemar bekerja dalam tim. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Sosok ekstrovert dikenal dengan kepribadian yang mudah bergaul dan sangat suka berinteraksi dengan banyak orang. Ia juga memiliki kepribadian yang terbuka. Lantas apa pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert?

Biasanya seseorang dengan kepribadian ekstrovert selalu tertantang untuk menjalani peran yang berbeda dari orang kebanyakan. Mereka juga mudah mengekspresikan emosi terhadap orang lain.

Ciri-ciri seorang ekstrovert

Mengutip laman www.healthline.com, seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert mudah dikenali dan menikmati lingkungan sosial. Berikut adalah ciri-ciri seorang ekstrovert:

  • Memiliki lebih banyak teman. Mereka biasanya suka menghabiskan waktu dengan orang lain sehingga tidak heran jika mereka cenderung memiliki kenalan dan jaringan sosial yang cukup luas. 
  • Menyukai keramaian. Mereka sangat suka menghabiskan waktu dengan menghadiri pertemuan atau berpergian dengan banyak orang. 
  • Memiliki kecenderungan lebih berani mengambil risiko. Mereka biasanya mudah beradaptasi pada suatu masalah. 
  • Menikmati lingkungan sosial. Biasanya mereka merasa lebih berkembang di lingkungan sosial dan tidak takut untuk memperkenalkan diri. 

Pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert

Bagi kamu yang merasa memiliki kepribadian ekstrovert dan berencana mencari pekerjaan, berikut adalah jenis pekerjaan yang mungkin cocok untukmu: 

  • Konsultan manajemen

Jenis pekerjaan satu ini memiliki tugas untuk mengidentifikasi masalah, membuat solusi, dan mengawasi penerapannya. Sebagian besar pekerjaannya perlu komunikasi dengan pemilik perusahaan dan juga klien. Tujuannya untuk mengidentifikasi serta memecahkan masalah yang ada. Kepribadian ekstrovert cocok untuk melakukan pekerjaan ini mengingat mereka cukup mahir dalam komunikasi.

  • HRD (Human Resource Development)

Pekerjaan satu ini yang paling terpenting adalah komunikasi yang baik dan dituntut untuk mampu berinteraksi dengan berbagai orang dan karakter. Selain itu yang utama adalah jago dalam keterampilan komunikasi seperti para ekstrovert. 

Tugas yang tidak kalah penting adalah harus fasih dan teliti dengan peraturan perusahaan untuk menyampaikan informasi yang sama kepada perekrut dan kandidat kerja.

  • Penyelenggara acara

Orang dengan kepribadian ekstrovert biasanya cenderung memiliki ide kreatif untuk membuat acara lebih meriah, sehingga bekerja sebagai penyelenggara acara cocok untuk mereka.

Penyelenggara acara biasanya juga dituntut untuk dapat berinteraksi dan bekerja sama dengan semua orang terutama dengan vendor. Tidak heran jika penyelenggara acara biasanya membutuhkan orang-orang ekstrovert yang dapat menjaga hubungan baik dengan orang lain.

  • Kehumasan

Kehumasan biasanya suka menghabiskan waktu untuk menjalin relasi sebanyak mungkin dan menyampaikan apa keperluannya. Selain itu mereka juga dituntut untuk bisa bersikap ramah dan baik kepada klien sehingga posisi ini cocok untuk orang ekstrovert.

  • Sales

Seorang sales harus memiliki sikap yang baik kepada konsumen. Mereka juga harus mampu mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Dari deskripsi pekerjaan tersebut tentunya kepribadian ekstrovert cocok dengan pekerjaan satu ini. 

Demikian informasi tentang pekerjaan yang cocok dengan kepribadian para ekstrovert. Semoga bermanfaat.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER