Kenali Apa itu SKU dan Cara Mengajukannya Sebelum Buka Usaha

29 Jan 2023 10:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi perencanaan usaha oleh sekelompok orang. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Jika kamu memiliki usaha atau ingin membuka usaha, maka kamu wajib untuk memiliki sebuah dokumen yaitu Surat Keterangan Usaha. Surat ini dikeluarkan oleh pejabat lingkungan sekitar lingkungan usaha, atau dalam hal ini adalah kelurahan atau kecamatan. Dengan kata lain, surat ini menjadi salah satu tanda resmi dari usaha yang dijalankan.

Fungsi surat ini adalah menerangkan bahwa kamu benar memiliki usaha yang bertempat sesuai dengan RT dan RW yang ditempati oleh usahamu. Surat Keterangan Usaha sangat penting dimiliki karena sangat berkaitan dengan pengembangan operasional usaha.  

Bagaimana cara mengajukan SKU?

Jika kamu ingin membuat SKU, sebelumnya kamu harus menyiapkan beberapa dokumen persyaratan. Dokumen yang menjadi persyaratan adalah:

  1. Surat Pengantar RT dan RW
  2. KTP asli dan fotokopi
  3. Fotokopi Kartu Keluarga
  4. Surat pernyataan/permohonan mendapatkan SKU

Untuk langkah pengajuannya sendiri adalah:

  • Meminta surat pengantar RT dan RW

Surat ini bisa didapatkan dari RT dan RW di tempat usahamu. Untuk mendapatkannya, kamu cukup meminta surat pengantar dari RT dengan menghubungi ketua RT setempat dan meminta surat keterangan yang ditandatangani serta dicap oleh Ketua RT. 

Setelah itu, kamu harus meminta tanda tangan dan cap dari Ketua RW. Untuk mendapatkan surat ini, kamu harus membawa KTP dan Kartu Keluarga. Namun terkadang hal ini tidak diperlukan jika Ketua RT dan Ketua RW sudah mengenal atau memiliki data warganya. 

Surat tersebut dibutuhkan untuk menjelaskan bahwa kamu benar tinggal atau berdomisili di lingkungan tersebut.

 

  • Datang ke kantor kelurahan

Setelah Surat Pengantar RT/RW didapat, satukan dengan berkas lainnya untuk dibawa ke Kantor Kelurahan/Kepala Desa. 

Di sini, pemilik usaha akan diminta mengisi formulir pembuatan Surat Keterangan Usaha. Setelah berkas persyaratan dan formulir diserahkan kepada petugas, kamu menunggu SKU dibuat. 

Waktu menunggu tergantung masing-masing Kelurahan/Desa. Kamu bisa tanyakan langsung kepada petugas di Kantor Kelurahan. Proses ini bisa cepat atau lama, tergantung apakah pejabat desa sedang di tempat atau tidak. Pembuatan SKU di Kelurahan atau Desa ini juga resminya tidak dipungut biaya.

  • Datang ke kantor kecamatan

Setelah mendapatkan SKU dari kelurahan, langkah selanjutnya adalah meminta pengesahan dari kecamatan. Kamu hanya perlu menuju kantor kecamatan dan meminta legalisasi atau pengesahan kepada petugas. Setelah SKU ditandatangani dan dicap oleh camat, maka SKU sudah selesai dan berlaku selama satu tahun.

Manfaat SKU

Dokumen Surat Keterangan Usaha sangat penting dalam pengembangan usaha. Hal ini dikarenakan dokumen ini diperlukan untuk beberapa keperluan atau persyaratan untuk mengajukan NPWP Golongan Usaha. 

SKU juga diperlukan apabila kamu ingin mengajukan perubahan besaran daya listrik. Hal ini biasanya sering terjadi di usaha rumahan yang memerlukan daya besar untuk alat-alat pendukung usahanya. 

SKU juga menjadi salah satu dokumen yang harus dilampirkan jika kamu ingin mengajukan pinjaman usaha dan mengikuti tender karena SKU adalah bukti legal usahamu di mata hukum.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER