Kronologi Jari Kelingking Bayi 8 Bulan Putus Tergunting Oknum Perawat Rumah Sakit di Palembang

6 Februari 2023 14:02 WIB

Narasi TV

Ilustrasi jari tangan bayi. Sumber: Freepik.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Seorang bayi perempuan berusia 8 bulan berinisial AR kehilangan jari kelingkingnya setelah terpotong tanpa sengaja menggunakan gunting oleh seorang perawat rumah sakit.

Akibat dari adanya kejadian tersebut, orang tua bayi, Suparman, 38 tahun, kini tengah melapor oknum perawat yang bersangkutan ke Polresta Palembang karena kelalaiannya dalam bekerja, sehingga menyebabkan jari kelingking anaknya putus.

Berawal dari selang infus yang mampet

Suparman dalam keterangannya mengatakan bahwa sang anak awalnya dibawa ke RS Muhammadiyah Palembang pada Jumat (3/2/2023) karena mengalami demam tinggi. Kemudian AR juga harus menjalani perawatan dan memasang selang infus di lengan kanannya.

Saat dalam perawatan, istri Suparman melihat selang infus AR mampet sehingga memutuskan untuk memanggil perawat agar membenarkan selang infus anaknya yang bermasalah itu.

“Perawat itu kesulitan buka perban untuk membetulkan selang infus anak saya. Karena tidak terbuka, dia lalu ambil gunting untuk memotong perban tersebut, tapi jari kelingking anak saya malah ikut terpotong,” keterangan Suparman, saat membuat laporan, Sabtu (4/2/2023).

Suparman mengatakan saat membetulkan selang infus anaknya, perawat tampak terburu-buru. Dia berulang kali memperingatkan perawat untuk berhati-hati. Namun, kata-katanya diabaikan.

“Saya sudah bilang sama perawat itu untuk membuka perban perlahan. Namun, perawat itu malah mengambil gunting untuk menggunting perban yang melekat di lengan anak saya,” ujar Suparman, ayah bayi berinisial AR.

Tindakan operasi dari rumah sakit

Menurut pengakuan Suparman, pihak rumah sakit telah menemuinya dan menyampaikan permohonan maaf atas keteledoran perawat tersebut. Bahkan, mereka yang tadinya tinggal di ruang kelas III di rumah sakit itu, kini sudah dipindahkan ke ruang VIP untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

“Ini kelalaian rumah sakit, saya tidak terima dengan tindakan seperti ini,” ujar Suparman dengan tegas.

Muksin, selaku Wakil Direktur SDM RS Muhammadiyah Palembang, membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya pun bergerak cepat dalam melakukan tindakan operasi untuk menyambung kembali jari kelingking AR yang putus.

Demikian informasi seputar seorang bayi perempuan berusia 8 bulan berinisial AR kehilangan jari kelingkingnya, setelah terpotong tanpa sengaja menggunakan gunting oleh seorang perawat rumah sakit.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR