Kronologi Pelecehan Seksual yang Dilakukan Dexter, Salah Satu Talent WHY Crew Milik Tretan Muslim

2 Maret 2023 19:03 WIB

Narasi TV

Dexter (tengah) dalam sebuah video yang diunggah akun YouTube Tretan Muslim. (Sumber: YouTube/Tretan Universe)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Dexter, cosplayer sekaligus talent di WHY Crew milik Tretan Muslim belakangan ini menjadi sorotan publik lantaran melakukan pelecehan seksual kepada seorang cosplayer bernama Hanazono Ai.

Hanazono Ai menceritakan kronologi pelecehan seksual tersebut melalui YouTube podcast Deddy Corbuzier. Deddy mengunggah video wawancara tersebut pada hari Rabu, (01/032023). 

Dalam video tersebut dijelaskan bahwa kejadian pelecehan terjadi sejak Februari lalu.

Kronologi pelecehan seksual Dexter

Hanazono Ai mengungkapkan bahwa Dexter melakukan tindak kekerasan seksual tidak hanya kepada dirinya, melainkan juga kepada adiknya.

Menurut Ai, Dexter memanipulasi adik Ai yang masih di bawah umur untuk melakukan tindak kekerasan seksual.

Sebelumnya, Ai mengaku pernah mengenalkan adiknya kepada Dexter. Sejak saat itu, keduanya jadi cukup dekat.

Menurut pengakuan Ai, sejak adiknya kenal dengan Dexter, ia seringkali mendapati adiknya yang masih di bawah umur memfotonya secara diam-diam.

Ai yang merasa tak nyaman kemudian menelisik mengapa sang adik melakukan hal tersebut. Setelah ditelisik, perilaku adiknya tersebut disebabkan oleh Dexter.

Dalam pesan-pesan yang dikirimkan oleh Dexter kepada adik Ai, Dexter memanipulasi dengan mengatakan bahwa perilaku tersebut adalah hal yang wajar.

Dexter bahkan mewajarkan bahwa sesama saudara boleh saling memegang organ vital, ia juga sempat menyuruh adik Ai memfoto kakaknya yang sedang telanjang.

“Dan orang ini [Dexter] beberapa kali menyuruh adikku fotoin aku pakai handuk bahkan bugil diam2 jangan sampai ketahuan. Akhirnya isi chat sudah ketahuan tapi malah bisa2nya nyuruh lagi! Fix pola pikirnya kena,” tulis Ai di akun Instagram pribadinya, @aihanazo.

Ai kini memegang semua bukti chat Dexter ke adiknya dan memviralkan bukti tersebut. 

Dari situ, Ai meminta Dexter untuk membuat perjanjian di atas materai dan mengakui perbuatannya. 

Namun hingga kini Dexter maupun pihak agensinya belum memberi tanggapan resmi. Ai pun memutuskan untuk membawa kasus ini ke jalur hukum.

Tretan Muslim sarankan mediasi

Kasus Dexter ini turut menyeret nama Tretan Muslim. Hal ini karena Dexter adalah talent dalam acara yang ia bawakan.

Melalui akun Twitter-nya, Tretan Muslim menjelaskan bahwa ia sudah mengirimkan direct message (DM) dan mendesak pelaku untuk bertanggung jawab.

Selebihnya, kata Tretan, itu bukan menjadi tanggung jawab Tretan Muslim. 

Tretan Muslim hanya akan memfasilitasi komunikasi antara korban dan pelaku alias mediasi.

Rynda Rezky, istri Tretan Muslim, juga menegaskan bahwa kasus ini tidak memiliki nilai positif yang dapat menolong Dexter cosplayer. Ia berharap agar kasus ini segera selesai.

Siapa Dexter Cosplayer?

Ayub Sagara atau dikenal dengan nama Dexter atau Mutan Cosplay adalah talent WHY Crew milik Tretan Muslim. 

Ia adalah anggota Komunitas Cosplayer Jakarta yang hobi berkostum ala karakter animasi (anime) dalam video game, komik, atau film. Dexter memulai karirnya di dunia hiburan sejak tahun 2017.

Dexter terkenal karena penyakit kulit yang dideritanya yaitu ichthyosis. Penyakit tersebut membuat kulitnya tampak kering dan bersisik di sekujur tubuh akibat mutasi genetik. Ichthyosis termasuk penyakit langka di dunia.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR