Kuat Ma'ruf Minta Maaf, Ibunda Yosua: Kejahatan Apa yang Kalian Tutupi Bersama PC-mu Itu

2 November 2022 05:46

Narasi TV

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Kami di sini saksi 12 orang, memang kami orang lemah, tapi kami yakin di hadapan Tuhan kami akan diperhitungkan.

Kuat Ma’ruf, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat menyampaikan duka cita kepada Samuel Hutabarat dan Rosti Simanjuntak selaku kedua orang tua Yosua.

“Saya turut berduka cita atas meninggalnya almarhum Yosua. Dan semoga almarhum Yosua diterima di sisi tuhan yang maha esa. serta keluarga besar diberi ketabahan dan kesabaran,” kata Kuat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (2/11/2022).

Kuat mengaku pasrah mengikuti proses hukum yang dijalaninya. Namun ia menegaskan tidak mengetahui dakwaan yang disampaikan jaksa kepadanya.

“Dan saya berharap biar proses pengadilan yang menentukan salah atau tidaknya saya. Karena demi Allah tidak ada lihat apa yang seperti didakwakan kepada saya,” katanya.

Usai Kuat meminta maaf Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso mempersilakan orang tua Brigadir Yosua menyampaikan pernyataannya. 

Kesempatan yang diberikan hakim digunakan Rosti Simanjuntak selaku ibunda Yosua mencurahkan segala perasaannya. Berikut ini cuplikan pernyataan Rosti yang disampaikan penuh emosional.

Ibunda Yosua: Skenario Kalian Hebat Luar Biasa

Di dalam kasus ini Kuat Ma’ruf skenario kalian sangat hebat sangat luar biasa saya lihat. Dalam kasus ini kalian mengetahui semua, bahkan menginginkan daripada kematian anakku.

Jadi kamu sama atasanmu Ferdy Sambo dan Putri sangat luar biasa skenarionya. Kebohongan, kebohongan. Di sini kalian minta maaf sesudah anakku hampir lima bulan tewas di tangan kalian semua.

Sungguh luar biasa kalian semua sebagai manusia yang memiliki hati nurani. Kita sama-sama ciptaan Tuhan kok. Tapi kok sekarang ada kesadaran kamu meminta maaf kepada ibu, ibunda daripada Yosua yang sudah kalian bunuh itu ya.

Kejahatan Apa yang Kalian Tutupi Bersama PC-mu Itu
Sangat sadis, sangat kejinya perbuatan kalian. Segerombolan kalian di rumah bapak itu menghabisi nyawa anakku dengan sadis tanpa memberikan satupun pertolongan buat anakku.

Kalian yang tahu di dalam ini semua, kejahatan apa yang kalian tutupi. Saya ulangi lagi kejahatan apa yang kalian tutupi di sini bersama atasanmu itu, sama PC (Putri Candrawati) mu itu.

Jadi tolong jujur.

Kamu sudah mengatakan maaf tadi.

Maaf tidak ada hanya di bibir.

Maaf itu mohon pengampunan kepada Tuhan.

Jadi saya sebagai orang tua yang sudah kalian hancurkan harapan anakku, yang sudah hancurkan kebanggaan aku yang melahirkan anakku, yang sudah kuajari selalu hormat kepada orang jangan suka membuat kesalahan kepada orang, saya selalu mengajari anakku agar selalu rukun, dan saya selalu bertanya kepada anakku dan memberi nasihat mohon anakku di mana pun kamu merantau biar kamu aman dan baik harus baik kepada orang di sekitarmu. Terlebih kamu satu rumah, satu atasan.

Sampaikan Maaf dengan Hati Nurani

Saya sangat-sangat heran dalam peran ini, kalau saya lihat ya di berita ini baru aku sadar, baru aku shock, trauma saya yang sangat berat. Saya yang enggak mengikuti selama ini kasus ini.

Baru ini aku diberikan Tuhan kemampuan di dalam kasus pembunuhan anakku ini yang harus mati di tangan banyak orang di rumah Ferdy Sambo dan Putri atasannya yang harusnya memberikan perlindungan buat anakku.

Jadi ada apa di dalam ini semuannya? Tolong ya, tolong, minta tolong, karena kalian punya ibu juga. Punya keluarga juga dan punya keturunan juga agar jangan hidup kalian sia-sia.

Dan mata kalian yang sudah dikasih Tuhan jangan tidak berguna. Kalian punya mata dan punya hati jangan tidak berguna dan sia-sia dengan kematian yang kalian inginkan, kematian anakku. Jadi kata maaf itu jangan hanya di bibir seperti Ferdy Sambo dan Putri. Hanya di bibir kata maafnya.

Berikan itu dari hati nuranimu yang sangat dalam. Berikan itu di depan Tuhan. Tuhan Maha Mengetahui, Tuhan Maha Melihat, dan Tuhan Maha Mendengar di setiap jeritan tangisan anakku.

Kami Orang Lemah Tapi Tuhan Akan Perhitungkan

Anakku satu-satunya, sebanyak itu kalian di rumah itu, aduh luar biasa di mana hati kalian.

Hewan saja mati pasti mendapatkan pertolongan.

Ini kalian yang manusia diciptakan Tuhan punya mata, punya hati, tapi satu pun kalian di rumah Ferdy Sambo itu mengikuti skenario atasanmu itu, dan Putrimu yang kau banggakan itu, ada apa kamu dengan si Putri itu Kuat Ma’ruf?

Ada apa? Siapa kamu di dalam itu? Siapanya si Putri kamu? Sampai kamu mendesak mengatur si Putri.

Saya orang kecil saja tidak diperbolehkan orang lain di rumah mengatur. Apalagi kepada istri yang bukan istri kita.

Ini ingat ya dicamkan dalam-dalam. Bagaimana pun pintarnya atasanmu itu membuat skenario Tuhan akan melihat.

Kami di sini saksi 12 orang, memang kami orang lemah, tapi kami yakin di hadapan Tuhan kami akan diperhitungkan.

Kami menuntut ketidakadilan ini dan kami mohon kepada Pak hakim dan Pak jaksa diberikan kami keadilan yang seadil-adilnya.

Hanya itulah harapan kami. Karena kami percaya pak Hakim adalah wali Tuhan buat kami orang yang lemah.

ARTIKEL TERKAIT

TEKS

Unsur-Unsur Pembunuhan Berencana Ferdy Sambo & Putri Candrawati Sebelum Brigadir Yosua Dieksekusi

TEKS

Nyanyian Ismail Bolong dan Praktik Aparat Bekingi Tambang Ilegal di Mata Aktivis

TEKS

Menghitung Berapa Kali Sambo Menangis di Kasus Pembunuhan Brigadir Yosua

TEKS

Polisi Tangkap Anak yang Aniaya Bapak Lantaran Cekcok Warisan di Majalengka

TEKS

Pakar Kritik Aset Indra Kenz Diserahkan ke Negara, Korban Penipuan Beda dengan Perjudian

TEKS

Sebab Kematian Keluarga di Kalideres Masih Misteri, Polisi Libatkan Tim Gabungan Periksa Jenazah Korban

VIDEO TERKAIT

14:33

Kesaksian Eliezer: Pertengkaran Sambo-Putri dan Perempuan di Rumah Bangka

15:52

Upah (UMP) 2023 Naik, Pengusaha Protes Buruh Juga Protes

23:41

Ancaman Siklus Gempa Cianjur, Jokowi Minta Bangun Rumah Tahan Gempa

17:15

Korban Gempa Cianjur: 162 Orang Meninggal, Ribuan Warga Mengungsi

01:57

Febri Diansyah, Advokat Istri Sambo: "Tidak Ada Peran Putri sebagai Pelaku"

15:00

Kesaksiannya Berubah-ubah, Ajudan Akhirnya Ngaku Takut Ferdy Sambo

15:50

Akun WA Yosua Tiba-tiba Aktif, Lalu Keluar dari Grup Keluarga

04:59

Obrolan Brigadir Yosua dengan Pacarnya, Vera: "Ibu Sakit, Aku Dituduh Bikin Ibu Sakit."

18:52

Kepala Polisi Korsel Minta Maaf soal Tragedi Itaewon

20:57

(UNCUT Version) Indonesia Surga Penjagal Bayi Monyet

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya