Mengenal Hari Tidur Sedunia yang Dirayakan Setiap 17 Maret

17 Maret 2023 09:03 WIB

Narasi TV

Seseorang yang sedang menikmati tidurnya. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Tanggal 17 Maret 2023 diperingati sebagai Hari Tidur Sedunia atau World Sleep Day. Peringatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya tidur bagi kesehatan serta meningkatkan kewaspadaan akan gangguan tidur yang dapat terjadi pada siapa saja. 

Tidur merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Waktu tidur adalah saat bagi seseorang untuk mengistirahatkan badan dan pikiran sembari mengecas energi. Tubuh yang telah pulih akan memberi kita energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. 

Selain berpengaruh pada kondisi fisik, tidur juga memiliki keterkaitan dengan kondisi mental. Kualitas tidur yang buruk dapat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Sebaliknya, orang dengan masalah kesehatan mental sering kali mengalami gangguan tidur seperti sulit tidur atau terlalu banyak tidur. 

Sejarah Hari Tidur Sedunia 

Hari Tidur Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 2008. Peringatan tahunan ini awalnya dicetuskan oleh sekelompok penyedia layanan kesehatan dan anggota komunitas medis yang mempelajari masalah berkaitan dengan tidur.

Para peneliti tidak setuju dengan anggapan bahwa tidur bukanlah hal yang penting dan perlu diprioritaskan dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan seseorang. Oleh karena itu, Hari Tidur Sedunia diperingati dengan tujuan untuk mengingatkan tentang pentingnya tidur yang sehat.

Setiap tahunnya, Hari Tidur Sedunia diselenggarakan oleh organisasi nirlaba asal Amerika Serikat, World Sleep Society (WSS). WSS memiliki keanggotaan global yang mencakup lebih dari 80 negara. 

Hari Tidur Sedunia tidak memiliki tanggal tetap dan biasanya dirayakan pada hari Jumat sebelum jatuhnya spring/vernal equinox setiap tahunnya. 

Vernal equinox adalah momen ketika matahari berada tepat di atas garis ekuator yang menjadikan siang dan malam memiliki lama waktu yang sama. Momen ini menandai dimulainya musim semi di negara-negara dengan empat musim.

Tahun ini, Hari Tidur Sedunia mengambil tema “Tidur Penting untuk Kesehatan” (Sleep is Essential for Health). 

Dirayakan dengan berbagai cara

Dalam rangka merayakan Hari Tidur Sedunia, Anda dapat melakukan refleksi atas kebiasaan tidur selama ini. Ingat-ingat kembali ritme tidur beberapa waktu ke belakang untuk mendapatkan gambaran tentang kebiasaan tidur Anda. 

Hari Tidur Sedunia juga dapat diperingati melalui cara-cara berikut.

  • Ambil waktu sejenak untuk tidur siang 

Meski cuma hitungan menit, tidur siang terbukti ampuh untuk memulihkan energi di sela-sela aktivitas yang padat. Tidur siang selama 20 menit saat istirahat makan siang akan membuat tubuh lebih segar dan bugar. 

  • Menerapkan sleep hygiene 

Sleep hygiene merupakan praktik yang dilakukan untuk membangun kebiasaan tidur yang sehat. Menerapkan sleep hygiene sebenarnya cukup sederhana. Namun, dibutuhkan konsistensi supaya praktik ini berjalan efektif. Berikut beberapa cara untuk melakukan sleep hygiene:

  1. Selalu tidur dan bangun di waktu yang sama
  2. Buat rutinitas sebelum tidur
  3. Hindari penggunaan gawai sekitar 1 jam sebelum tidur  
  4. Kurangi konsumsi kafein atau zat lain yang mengakibatkan sulit tidur
  5. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman
  6. Redupkan lampu kamar saat hendak tidur
  7. Batasi waktu tidur siang
  8. Melakukan meditasi
  • Mencari bantuan profesional

Jika Anda memiliki gangguan tidur, konsultasikan dengan profesional untuk mendapatkan solusi dari permasalahan tidur yang dialami. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR