10 Nama-nama Surga dan Golongan Orang yang Menghuninya Menurut Al-Qur’an

21 Dec 2023 13:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi surga dalam Al-Qur'an. (Sumber: Freepik/jcomp)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Nama-nama surga telah disebutkan dalam Al-Qur’an untuk menunjukkan dan menjelaskan tingkatan-tingkatan sesuai amalan para penghuninya kelak di akhirat.

Surga sendiri merupakan tempat segala kenikmatan yang ada yang telah dijanjikan oleh Allah SWT bagi umatnya yang beriman dan beramal sholeh semasa hidup di dunia.

Gambaran keindahan surga telah dijelaskan oleh Allah Swt. dalam Al-Qur’an surah Az-Zukhruf ayat 72, Allah Swt. berfirman:

وتلك الجنة التي أورثتموها بما كنتم تعملون

Artinya: "Dan, itulah surga yang diwariskan kepada kamu di sebabkan amal-amal yang dahulu kamu kerjakan."

Nama-nama surga dan penghuninya

Berikut adalah penjelasan 10 nama-nama surga yang disebutkan dalam Al-Qur’an sesuai tingkatan beserta kriteria penghuninya.

1. Surga Firdaus

Nama surga yang pertama adalah Firdaus yang memiliki arti taman atau pertamanan. Nama ini disebut di dalam Al-Qur’an sebanyak dua kali, yaitu dalam surah Al-Kahfi ayat 107 dan surah Al-Mu’minun ayat 11. Allah Swt. berfirman:

اِنَّ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ كَانَتۡ لَهُمۡ جَنّٰتُ الۡفِرۡدَوۡسِ نُزُلًا

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah Surga Firdaus menjadi tempat tinggal.” (Q.S. al-Kahfi: 107).

Firdaus adalah nama yang sering digunakan untuk menyebut surga paling indah dengan kenikmatan tertinggi.

Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam bukunya Surga Yang Allah Janjikan memaparkan beberapa pendapat dari tokoh-tokoh tertentu mengenai arti nama Surga Firdaus ini seperti halnya Ka’ab, yang mengartikan firdaus adalah kebun anggur.

Surga Firdaus yang diperuntukkan bagi orang benar-benar beriman dan beramal saleh, seperti menunaikan salat, zakat, menghindari zina dan mentaati perintah-perintah Allah Swt.

2. Surga ‘Adn 

Nama surga yang kedua adalah Jannatun ‘Adn. Dalam Al-Quran, nama surga ini disebut sebanyak sebelas kali, salah satunya dalam surat Maryam ayat 61 sebagai berikut:

جَنّٰتِ عَدْنِ ِۨالَّتِيْ وَعَدَ الرَّحْمٰنُ عِبَادَهٗ بِالْغَيْبِۗ اِنَّهٗ كَانَ وَعْدُهٗ مَأْتِيًّا

Artinya : “yaitu surga ‘Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pengasih kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (surga itu) tidak tampak. Sungguh, (janji Allah) itu pasti ditepati.” (Q.S. Maryam : 61).

Surga ini dihuni oleh orang-orang yang beriman dalam kesempurnaan iman dan Islamnya serta orang yang bersabar dalam hidupnya.

3. Surga Na’im

Nama surga yang ketiga adalah Jannatun Na’im, yang berarti taman kenikmatan. Nama ini di dalam Al-Qur’an disebut sebanyak delapan kali, salah satunya di surah Luqman ayat 8 sebagai berikut:

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَهُمْ جَنّٰتُ النَّعِيْمِۙ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan.” (Q.S. Luqman: 8)

Surga Na'im diperuntukkan untuk orang-orang yang bertakwa dan beramal saleh.

4. Surga Ma’wa

Nama surga yang kelima adalah Jannatul Ma’wa, yang berarti tempat tinggal. Dalam Al-Qur’an, nama surga ini disebut sebanyak dua kali, salah satunya dalam surah an Nazirat ayat 40-41 berikut:

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِۦ وَنَهَى ٱلنَّفْسَ عَنِ ٱلْهَوَىٰ

فَاِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوٰىۗ

Artinya : “Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya, maka sungguh, surgalah tempat tinggal(nya).” (Q.S. an-Nazi’at : 40-41).

Surga ini diperuntukkan oleh Allah Swt. bagi hambaNya yang bertakwa kepada Allah, beramal saleh, serta mampu menahan hawa nafsu.

5. Surga Darussalam 

Nama surga yang kelima adalah Darussalam, yang berarti rumah keselamatan. Nama ini disebut tiga kali dalam Al-Quran, salah satunya dalam surah Yusuf ayat 25 berikut:

وَاسْتَبَقَا الْبَابَ وَقَدَّتْ قَمِيْصَهٗ مِنْ دُبُرٍ وَّاَلْفَيَا سَيِّدَهَا لَدَا الْبَابِۗ قَالَتْ مَا جَزَاۤءُ مَنْ اَرَادَ بِاَهْلِكَ سُوْۤءًا اِلَّآ اَنْ يُّسْجَنَ اَوْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ

Artinya: “Allah menyeru (manusia) ke Dar as-Salam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam).” (Q.S. Yunus: 25).

Surga Darussalam diperuntukkan bagi orang yang kuat iman dan dan bertakwa kepada Allah Swt. serta yang mampu merenungkan tanda-tanda kebesaran-Nya.

6. Surga Darul Muqamah

Surga yang keenam adalah Darul Muqamah, yang berarti tempat tinggal abadi. Al-Fara’ dan az-Zujaj berkata, “Muqamah serupa dengan iqamah, yang artinya menempati.”

Bukti keberadaan surga ini dijelaskan dalam surah Fatir ayat 35 berikut:

 ٱلَّذِىٓ أَحَلَّنَا دَارَ ٱلْمُقَامَةِ مِن فَضْلِهِۦ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ

Artinya: (Dia) yang menempatkan kami di tempat yang kekal (surga) dengan karunia-Nya. Di dalamnya kami tidak lelah dan lesu." (Q.S. Fatir: 35).

7. Surga Al-Maqamil Amin

Nama surga yang ketujuh adalah Al-Maqamul Amin, yang berarti tempat yang aman. Ibnul Qayyim menjelaskan, kata “al-maqam” berarti “tempat tinggal”. Allah berfirman dalam surah Adh Dhukhan ayat 51,

 إِنَّ ٱلْمُتَّقِينَ فِى مَقَامٍ أَمِينٍ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, (Q.S. Adh Dhukhan: 51).

8. Surga Khuldi

Nama surga yang kedelapan adalah Darul Khuldi, yang berarti rumah keabadian. Sesuai dengan namanya, mereka yang tinggal di dalamnya akan abadi, tidak seperti sewaktu di dunia yang terikat dengan usia. 

Dalam surah al-Furqan ayat 15, Allah Swt. berfirman:

قُلْ اَذٰلِكَ خَيْرٌ اَمْ جَنَّةُ الْخُلْدِ الَّتِيْ وُعِدَ الْمُتَّقُوْنَۗ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاۤءً وَّمَصِيْرً

Artinya : “Katakanlah (Muhammad), “Apakah (azab) seperti itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa sebagai balasan, dan tempat kembali bagi mereka?” (Q.S. al-Furqan : 15).

9. Surga Darul Hayawan

Nama surga yang kesembilan adalah Darul Hayawan, artinya adalah “tempat yang sesungguhnya”. 

Surga Darul Hayawan disebut dalam surah al-Ankabut ayat 64 sebagai berikut:

وَمَا هٰذِهِ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا لَهْوٌ وَّلَعِبٌۗ وَاِنَّ الدَّارَ الْاٰخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُۘ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ

Artinya : “Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui.” (Q.S. al-Ankabut : 64).

10. Surga Maq’dush Shidqi wa Qidamush Shidqi

Nama surga yang kesepuluh adalah Maq’dush Shidqi wa Qidamush Shidqi. 

Surga ini merupakan balasan bagi orang-orang yang bertaqwa kepada Allah Swt., sebagaimana dijelaskan dalam surah al-Qamar ayat 54-55 sebagai berikut:

فِى مَقْعَدِ صِدْقٍ عِندَ مَلِيكٍ مُّقْتَدِرٍۭ

Artinya : “Sungguh, orang-orang yang bertakwa berada di taman-taman dan sungai-sungai, di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Mahakuasa.” (Q.S. al-Qamar : 54-55).

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER