Niche Market Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menentukannya

29 Januari 2024 10:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi kios dengan target pelanggan dari niche market. (Sumber: Pexels/Quang Nguyen Vinh)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Dalam menentukan strategi pemasaran untuk meningkatkan keuntungan bisnis, terdapat banyak cara yang bisa dipertimbangkan. Salah satu di antaranya yaitu dengan menentukan niche market

Niche market merupakan sekelompok kecil pelanggan yang memiliki karakteristik tertentu dan biasanya mencari produk yang spesifik. Hal ini membuat niche market berbeda dengan pasar pada umumnya yang berskala jauh lebih besar. 

Bagi para pelaku usaha, niche market atau ceruk pasar ini kerap dilihat sebagai peluang tersembunyi. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang berfokus menggaet niche market alih-alih memasarkan produk ke audiens yang lebih luas.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan niche market?

Pengertian niche market

Melansir Indeed, niche market adalah bagian dari pasar berupa sekelompok kecil orang yang memiliki permintaan, nilai, dan identitas tertentu. Niche market memiliki preferensi khusus terhadap produk maupun layanan yang mereka inginkan. 

Niche market menargetkan audiens spesifik yang didasarkan pada kesamaan sifat atau karakteristik lainnya seperti hobi, nilai, kebiasaan, hingga lokasi geografis. 

Pebisnis dapat menentukan niche market berdasarkan salah satu atau kombinasi dari beberapa karakteristik tersebut. Misalnya, sebuah bisnis dapat memiliki niche market yaitu pencinta hewan yang tinggal di ibu kota. 

Perusahaan yang menargetkan niche market dapat menawarkan produk atau layanan spesifik kepada pelanggan yang berada di kelompok tersebut. Hal ini dapat membantu meningkatkan keuntungan bisnis dibandingkan harus memasarkan produk atau layanan ke pasar yang lebih luas dan general. 

Manfaat niche market

Niche market menawarkan banyak keuntungan bagi pelaku bisnis, antara lain:

1. Lebih memahami audiens

Dengan berfokus pada niche market, pebisnis dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait kelompok spesifik yang disasar. 

Pemahaman ini dapat diimplementasikan melalui strategi marketing untuk lebih meyakinkan konsumen akan produk maupun layanan yang ditawarkan.

2. Mengurangi persaingan bisnis

Perusahaan yang menyasar niche market cenderung memiliki persaingan yang lebih sedikit dibandingkan perusahaan yang menargetkan produknya untuk pasar yang lebih luas. 

Hal ini disebabkan tidak banyak perusahaan yang memilih target pasar spesifik tersebut. 

3. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Niche market dapat membantu menciptakan basis pelanggan yang loyal. Orang yang termasuk ke dalam niche market biasanya merupakan tipe konsumen yang aktif mempromosikan produk atau jasa yang digunakan secara organik. 

Hal tersebut dilakukan karena mereka mengetahui standar dan nilai yang mereka cari dari sebuah brand

4. Lebih fokus berbisnis

Perusahaan yang telah memiliki niche market dapat lebih berfokus pada bisnis, pengembangan produk, dan strategi marketing untuk menggaet pasar spesifik tersebut. Pasalnya, target pasar dan konsumen yang hendak disasar sudah jelas.  

5. Mudah dikenali

Manfaat selanjutnya dari bisnis yang menargetkan niche market adalah produknya akan lebih dikenal oleh banyak orang. 

Hal ini dikarenakan jumlah kompetitor yang cenderung sedikit, sehingga konsumen akan lebih mudah dalam mengenali dan merekomendasikan produk ke orang-orang di sekitarnya. 

Cara menentukan niche market

Setelah mengetahui makna dan manfaat dari niche market, kini saatnya membahas cara menentukan niche market. Dilansir dari Hubspot, berikut langkah-langkahnya:

1. Menemukan minat

Luangkan waktu untuk merefleksikan kembali apa yang disukai dan diminati, sebab hal ini dapat dijadikan inspirasi dalam menemukan niche market yang sesuai. 

2. Identifikasi masalah dan kebutuhan konsumen

Jika sudah menjumpai ide untuk niche market, selanjutnya tentukan masalah dan kebutuhan konsumen yang dapat dipenuhi oleh produk atau layanan yang ditawarkan. 

3. Riset kompetitor

Pelajari kekuatan dan kelemahan kompetitor untuk mengetahui perbedaan dan keunikan yang bisa dikembagkan untuk mebuat produk dan layanan memiliki nilai lebih.  

4. Tentukan niche market dan keuntungannya

Berikutnya, tentukan niche market yang lebih spesifik berdasarkan banyaknya permintaan dan profitabilitas untuk produk atau layanan yang ditawarkan.

5. Uji produk atau layanan

Sebelum meluncurkan produk atau layanan lakukan pengujian kepada sekelompok kecil pelanggan untuk mendapatkan feedback yang diperlukan. 

Itu dia informasi seputar pengertian, manfaat, dan cara menentukan niche market. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR