Pembangunan Gedung DPR di IKN Mulai 2025

20 Maret 2024 15:03 WIB

Narasi TV

Titik nol Ibu Kota Negara Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Sumber: ANTARA.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Bambang Susanto membeberkan rencana pembangunan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Ibu Kota Negara (IKN). Menurut Bambang, gedung DPR akan mulai dibangun pada tahun depan. 

Bambang menyebut pembangunan gedung DPR di IKN masih berada di tahap pembicaraan dan desain bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

“Sedang dibicarakan dan didesain oleh teman-teman dari PUPR. Kalau dijadwal kalau tidak salah di tahun depan 2025,” kata Bambang saat dijumpai di Kompleks DPR RI, Senin (18/3/2024). 

Bambang menyebut pihaknya mengusulkan agar tiga unsur kenegaraan yakni eksekutif, legislatif dan yudikatif dibuat lengkap di IKN untuk menunjang fungsi IKN sebagai ibu kota yang menyeluruh. 

"Ya kita lihat nanti kan itu semuanya kan kita ingin agar ada kesatuan. Kapan dari trias politika di sana, yudikatifnya ada, legislatifnya ada, eksekutifnya ada sehingga memang di sana itu berfungsi sebagai buku kota yang menyeluruh," sambungnya. 

Usul gedung DPR dibangun terakhir

Sementara itu, Anggota Komisi II DPR RI Wahyu Sanjaya mengusulkan agar gedung DPR menjadi bangunan lembaga publik yang dibangun paling terakhir di IKN. 

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR