Penyebab Mata Uang Melemah dan Langkah Mengatasinya

13 Juni 2023 16:06 WIB

Narasi TV

Uang koin dan kertas yang ditumpuk. Sumber; Pexel.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Penyebab mata uang melemah diakibatkan oleh beberapa faktor, baik itu eksternal dari luar maupun internal dari dalam, hal ini juga tentunya tidak lepas dari kondisi ekonomi yang terjadi dalam suatu negara.

Pelemahan nilai mata uang biasanya mengakibatkan beberapa hal salah satunya kenaikan harga barang-barang kebutuhan yang tidak diimbangi dengan kenaikan gaji dari perusahaan maupun pemerintah.

Melemahnya mata uang khususnya rupiah, akan berdampak pada kehidupan sehari-hari. Berikut adalah ulasan lengkap penyebab nilai tukar mata uang melemah dan cara mengatasinya. 

Penyebab mata uang melemah

Melansir dari situs Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sikapiuangmu.ojk.go.id terdapat beberapa faktor penyebab lemahnya nilai rupiah, berikut ulasannya:

  • Turunnya suplai Dolar Amerika Serikat

Penyebab yang pertama adalah faktor supply yang semakin berkurang. Terutama pada saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan seluruh dunia, banyak investor asing yang menarik diri dari Indonesia.

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan, hal ini terlihat dari Surat Utang Negara (SUN) yang sedang jatuh dan menurunnya minat beli investor.

Semakin banyak investor asing yang memilih untuk menarik diri maka supply Dollar Amerika Serikat akan semakin berkurang sehingga dapat menyebabkan mata uang melemah dan terjadi kenaikan harga. 

  • Turunnya harga komoditas ekspor

Ekspor merupakan hal penting dalam sebuah negara. Jika ekspor turun, maka nilai mata uang akan melemah. Untuk menguatkan kembali, maka pemerintah harus menaikkan dan meningkatkan permintaan ekspor.

  • Tingginya tingkat impor

Berbanding terbalik dengan ekspor, jika impor meningkat maka nilai Rupiah akan menurun. Oleh karenanya kampanye dan kesadaran masyarakat untuk lebih mencintai produk dalam negeri perlu digalakkan.

Hal ini tidak terlepas dari nilai tukar Rupiah, karena semakin rendahnya nilai impor, maka nilai Rupiah akan meningkat.

Semakin meningkatnya daya beli masyarakat tentang produk lokal mala peluang besar untuk barang impor dari luar negeri semakin sedikit.

Langkah-langkah untuk menguatkan nilai mata uang

  • Tidak gengsi dan bangga membeli produk dalam negeri
  • Melakukan investasi di dalam negeri
  • Tidak melakukan penimbunan dollar
  • Menjalankan bisnis dengan orientasi ekspor semisal kerajinan tangan
  • Memilih berlibur di dalam negeri untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR