Profil Siti Atiqoh Supriyanti, Istri Capres Ganjar Pranowo

28 Nov 2023 17:11 WIB

thumbnail-article

Siti Atiqoh Supriyanti (kanan) ketika menghadiri Perkemahan Pramuka Berkebutuhan Khusus Jateng 2023 di Buper Martoloyo, Bojong, Senin (10/7/2023). (Sumber: Instagram/atikos.s)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Nama Siti Atiqoh Supriyanti gencar dibicarakan publik saat ia menjadi sosok penting dalam perjalan hidup Ganjar Pranowo saat ini, terutama saat Ganjar resmi mencalonkan diri sebagai calon Presiden untuk pemilu 2024.

Lantas siapakah Siti Atiqoh Supriyanti ini? Bagaimana perjalanan hidupnya hingga bisa membersamai Ganjar Pranowo?

Profil Siti Atiqoh Supriyanti

Pemilik nama lengkap Siti Atiqoh Supriyanti lahir di Purbalingga pada 25 November 1971. 

Sama dengan suaminya, Atiqoh juga merupakan alumni Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Ia lulus dari Fakultas Ilmu Pertanian di sana.

Siti Atiqoh menikah dengan Ganjar Pranowo pada 1999. Keduanya saling mengenal saat sedang menjalankan kewajiban Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Saat itu Atiqoh merupakan adik tingkat dari Ganjar Pranowo yang terpaut selisih 3 tahun. Dalam perjalanan rumah tangganya, Siti Atiqoh dan Ganjar Pranowo dikaruniai anak tunggal, yakni Muhammad Zinedine Alam Ganjar yang lahir pada 14 Desember 2001.

Ia diketahui memiliki darah dari kalangan pesantren. Atiqoh merupakan cucu K.H. Hisyam Abdul Karim, yang tidak lain adalah ulama dan kyai pendiri Pondok Pesantren Riyadus Sholihin Kalijaran, Karanganyar, Purbalingga, sekaligus salah satu tokoh agama tersohor di wilayah tersebut.

Tahun 2001 selepas putra Tunggal mereka lahir, Atiqoh akhirnya melanjutkan pendidikan ke Jepang untuk belajar di Tokyo University dengan mengambil jurusan Public Policy.

Dalam perjalanan karirnya Atiqoh sempat berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi DKI Jakarta. 

Namun, pada akhirnya pindah ke Provinsi Jawa Tengah sekaligus mendampingi Ganjar Pranowo yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah ke-15 selama 2 periode sejak 2013 hingga 2023. 

Kepindahanya Atiqoh ke Provinsi Jawa Tengah, membuatnya beralih berstatus menjadi ASN yang ditempatkan di Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermasdes).

Tidak hanya itu, Atiqoh juga menjabat di sejumlah posisi, di antaranya yakni Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah serta Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Provinsi Jawa Tengah.

Selain aktif dalam organisasi dan kegiatan pemerintahan, Atiqoh memiliki hobi lari dan olahraga bersepeda

Mengutip dari akun Instagram pribadinya, istri Ganjar Pranowo ini bercerita bahwa dirinya pernah berlari sejauh 25 km sebagai bagian dari kampanye "Run Against Cancer 2023".

Selain itu, ia pernah memenangkan sejumlah lomba, seperti pada Pada 2019 silam ketika Siti Atiqoh memenangkan lomba memasak rendang antar Tim Penggerak PKK se-Indonesia pada Hari Kesatuan Gerak PKK Nasional ke-47 di Padang dengan juri chef William Wongso.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER