Prospek Kerja Jurusan Filsafat, Bisa Jadi Apa Saja?

29 November 2023 10:11 WIB

Narasi TV

Ilustrasi mahasiswa yang sedang membaca di perpustakaan. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Ilmu filsafat merupakan salah satu ilmu tertua yang menjadi induk dari berbagai ilmu pengetahuan lainnya. Di universitas, jurusan Filsafat biasanya mempelajari berbagai fenomena yang terjadi di sekitar, mulai dari fenomena sosial, budaya, agama, dan masih banyak lagi. 

Mahasiswa jurusan FIlsafat dituntut untuk dapat berpikir secara kritis dan logis berdasarkan fakta. Oleh sebab itu, jurusan ini sangat cocok bagi seseorang dengan rasa ingin tahu yang tinggi, daya analisis yang baik, dan memiliki kemampuan problem solving

Terdapat beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program studi berkaitan dengan ilmu filsafat. Beberapa universitas ternama yang memiliki jurusan Filsafat antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). 

Kendati demikian, jurusan ini tergolong cukup jarang dijumpai dibandingkan jurusan lainnya, Peminat jurusan Filsafat juga cenderung sedikit sehingga peluang diterima di jurusan Filsafat bisa dibilang cukup besar. 

Lulusan jurusan Filsafat pada umumnya diharapkan dapat mengaplikasikan keahliannya di tengah masyarakat dan turut berkontribusi dalam pembinaan dan pembangunan budaya. Hal ini dikarenakan ilmu filsafat memiliki kedudukan yang sentral di dalam ilmu pengetahuan. 

Meski memiliki peluang karier yang luas, tak sedikit lulusan Filsafat yang merasa khawatir dengan masa depannya. Mereka umumnya merasa kurang memiliki kecakapan yang dibutuhkan di dunia kerja sehingga kerap menjumpai penolakan saat melamar pekerjaan. 

Tak jarang, pertimbangan karier ini membuat seseorang mempertimbangkan ulang untuk masuk ke jurusan FIlsafat. Padahal, seperti jurusan lainnya, ada banyak prospek pekerjaan yang bisa dijajal oleh lulusan Filsafat. 

Prospek kerja lulusan Filsafat

Lulusan jurusan Filsafat pada umumnya memiliki keahlian spesifik yang menjadi kelebihan mereka saat memasuki dunia kerja. Beberapa keahlian itu di antaranya mampu berpikir secara runtut dan disiplin, kemampuan berkomunikasi yang cemerlang, ahli dalam meriset, dan memiliki referensi yang kaya. 

Dengan berbagai keahlian yang dimiliki, berikut ini sejumlah peluang karier yang bisa dijajal oleh lulusan Filsafat:

  1. Dosen
  2. Guru
  3. Jurnalis
  4. Konsultan
  5. Peneliti
  6. Pustakawan
  7. Pekerja sosial
  8. Penasihat keuangan
  9. Spesialis pemasaran
  10. Pengamat politik
  11. Project manager
  12. PNS
  13. Politisi
  14. Kurator

Beberapa prospek pekerjaan di atas memang tidak langsung berkaitan dengan bidang keilmuan yang dipelajari selama berkuliah di jurusan Filsafat. Ada sejumlah pekerjaan yang membutuhkan kualifikasi tambahan yang bisa diperoleh melalui pelatihan maupun sertifikasi. 

Meski demikian, lulusan Filsafat memiliki kecakapan dalam pemecahan masalah dan mampu berpikir secara runtut. Hal ini menjadi modal yang kuat untuk menjajal berbagai macam pilihan karier. 

Demikian informasi seputar prospek kerja lulusan Filsafat, semoga dapat memberikan sedikit gambaran bagi mahasiswa jurusan Filsafat maupun yang sedang mempertimbangkan untuk mengambil jurusan ini.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR