8 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi yang Banyak Dicari Perusahaan

30 Maret 2023 14:03 WIB

Narasi TV

Mahasiswa yang baru saja lulus. Sumber: Pexel.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi dapat dikatakan cukup luas. Bahkan di era serba digital seperti sekarang, perusahaan banyak mencari lulusan Ilmu Komunikasi. Tak heran jika jurusan ini semakin banyak diminati calon mahasiswa baru.

Selama kuliah, mahasiswa Ilmu Komunikasi akan diajarkan bagaimana cara berpikir kreatif dalam menyampaikan suatu pesan. Terlebih setiap pesan pasti mengandung makna, nilai, dan tujuan yang ingin dicapai.

Prospek kerja Ilmu Komunikasi

Berikut prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi yang dihimpun dari berbagai sumber:

  • Content Creator

Kamu pasti tidak asing dengan istilah content creator. Lulusan Ilmu Komunikasi sangat cocok menjadi content creator atau pembuat konten. Pasalnya, ilmu ini mempelajari tentang cara mengkomunikasikan sesuatu dengan baik dan bisa memengaruhi audiens.

Skill yang dimiliki lulusan Ilmu Komunikasi juga sangat relate dengan pekerjaan content creator. Skill tersebut diantaranya berbicara di depan kamera, menyusun naskah materi, mengedit video, dan membuat copywriting.

  • Jurnalis

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi jurnalis atau wartawan. Selama berkuliah, mahasiswa Ilmu Komunikasi diajarkan untuk mengenal komunikasi massa. Mereka juga belajar riset berita, praktik menjadi reporter mengabarkan suatu peristiwa, hingga menyusun naskah jurnalistik.

  • Editor

Lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menerapkan ilmunya ketika menjadi seorang editor, baik buku maupun berita di media massa. Selama kuliah, mereka belajar menyusun naskah yang baik dan efektif sehingga mudah dimengerti oleh pembaca.

  • Copywriter

Selanjutnya adalah menjadi copywriter yang bertugas membuat dan menuliskan konten kreatif tertentu di agensi iklan, konsultan komunikasi, dan media. Copywriter juga bertanggung jawab untuk membuat campaign tertentu yang dapat menarik minat publik untuk menggunakan jasa atau produk yang diiklankan.

  • Public Relation

Menjadi public relation memang yang paling banyak diminati oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Pasalnya, setiap perusahaan pasti membutuhkan public relation untuk membantu mereka menjalin kerja sama dengan pihak lain.

Selain itu, public relation juga bertanggung jawab untuk memengaruhi publik lewat media seperti siaran pers, konferensi pers, dan menjalin kerja sama dengan media tertentu untuk membuat pemberitaan terkait perusahaan.

  • Marketing Communication

Selanjutnya adalah menjadi marketing communication atau marcomm. Pekerjaan ini bertugas untuk menentukan strategi pemasaran, mengelola anggaran pemasaran, dan berkolaborasi dengan public relation untuk memproduksi siaran pers.

  • Event Planner

Lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi event planner atau perencana acara. Pasalnya, mereka bisa membuat acara yang menarik sesuai dengan target audiensnya. Selain itu, keterampilan mereka dalam perencanaan, berkomunikasi secara internal maupun eksternal, hingga strategi promosi pun sangat cocok untuk event planner.

  • Social Media Specialist

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi social media specialist. Pekerjaan ini bertugas membangun citra perusahaan melalui media sosial. Seorang social media specialist bertanggung jawab merencanakan, menciptakan, dan membuat strategi khusus untuk promosi perusahaan melalui media sosial.

Semoga delapan prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi tadi dapat menginspirasi kamu untuk mengasah skill selama berkuliah. Namun, tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa mencari prospek kerja lain yang tidak disebutkan di atas.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR