Ramai Diperdebatkan Kaitan Awet Muda dan Childfree, Berikut Tips yang Bisa Kamu Lakukan agar Awet Muda

8 Feb 2023 15:02 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi perempuan yang minum air putih usai berolahraga. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Gita Savitri atau akrab disapa Gitasav baru-baru ini mengeluarkan statement yang kembali membuat gempar warganet. Pasalnya, ia mengatakan rahasia awet mudanya yaitu dengan tidak memiliki anak atau childfree. Cara tersebut merupakan cara alami karena ia tidak perlu stres dengan mendengar teriakan anak dan dapat tidur teratur 8 jam sehari.

Apakah benar childfree bisa membuat perempuan awet muda?

Mengenal childfree

Childfree adalah pilihan tidak memiliki anak berdasar keinginan sendiri, baik itu secara biologis, adopsi, atau lain sebagainya. Faktor yang melatarbelakangi seseorang memilih childfree di antaranya:

  1. Kondisi ekonomi yang belum stabil, terlebih kebutuhan anak semakin meningkat. 
  2. Kondisi emosi belum stabil, mengingat ketika mengurus anak pasti akan menguras banyak energi. 
  3. Prioritas lain. 
  4. Gaya hidup yang tidak kondusif atau memungkinkan untuk memiliki anak. 

Benarkah childfree buat awet muda?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh George Mason University, Amerika Serikat, perempuan memiliki anak mampu membuat DNA-nya menua. Dengan meneliti telomere atau bagian penting dari sel manusia yang memengaruhi sel menua, peneliti dapat menemukan fakta tersebut. Telomere merupakan daerah molekuler yang menutup ujung kromosom untuk membantu melindungi informasi genetik dalam sel agar tidak memburuk.

Peneliti menemukan bahwa perempuan yang memiliki anak punya telomere lebih pendek dibanding yang tidak memiliki anak. Semakin banyak perempuan tersebut memiliki anak, maka semakin pendek telemorenya. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan semakin panjang telomere seseorang, maka kesehatannya semakin baik sehingga membuatnya panjang umur.

Pada dasarnya, hidup bahagia adalah salah satu kunci awet muda. Menurut riset dari Institute Family Studies di Amerika tahun 2018, perempuan yang menikah dan memiliki anak dinilai kurang bahagia dibanding perempuan yang menikah dan memutuskan tidak memiliki anak.

Sebenarnya, rahasia awet muda tidak hanya diperoleh dari pilihan untuk childfree. Bahkan perempuan yang memiliki anak pun bisa menjaga kesehatannya agar terlihat awet muda. Berikut rahasia awet muda secara alami yang bisa kamu praktikkan dalam keseharian:

  • Perbanyak minum air putih

50-70% massa tubuh manusia terdiri atas cairan. Jika kamu rutin minum air putih minimal 8 gelas sehari, maka kulit akan terjaga kelembabannya. Inilah yang membuat kulit tidak kering sehingga garis-garis halus dan keriput dapat dihindarkan.

  • Rutin berolahraga

Dengan berolahraga, sirkulasi darah ke tubuh akan lancar, termasuk sirkulasi darah ke kulit. Sirkulasi tersebut dapat memasok oksigen dengan cukup sehingga kulit terlihat lebih bercahaya dan tetap kencang.

  • Rajin menggunakan skincare

Menggunakan skincare dapat membuat kulitmu terlihat awet muda karena terawat. Kandungan dalam skincare ini mampu menutrisi, melembabkan, dan menjaga kulit wajahmu. Jangan lupa menggunakan sunscreen juga untuk menjaga kulit wajah dari paparan sinar matahari berlebih.

  • Kelola stres dengan baik

Stres dapat mengganggu imun tubuhmu sehingga memungkinkan pencernaan terganggu dan dapat menyebabkan penuaan dini. Coba untuk mulai mengelola stres agar tidak berlebih.

Intinya, memiliki anak atau tidak adalah sebuah pilihan. Setiap manusia pun berhak untuk memilih apa yang terbaik untuk hidupnya. Maka, sudah seharusnya kita menghargai pilihan sesama manusia. Yang terpenting kunci awet muda adalah hidup bahagia dan selalu tersenyum. Sudahkah kamu tersenyum hari ini?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER