Mengenal Skill Keuangan Pribadi Agar Keuangan Lebih Efektif

13 Agustus 2023 10:08 WIB

Narasi TV

Dompet berisi uang sebagai simbol keuangan pribadi. Sumber: Pexel.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Skill keuangan pribadi adalah strategi dan kebiasaan atau habit yang bisa membantumu mengelola keuangan secara efektif. Hal ini sangat penting karena keuangan pribadi atau personal finance yang baik mampu memberikan kestabilan finansial dan memudahkan kita untuk merencanakan masa depan.

Karenanya penting bagi kita untuk mempelajari dan mengasah skill keuangan pribadi. Mengingat skill tersebut merupakan salah satu hal yang esensial dalam kehidupan. Lalu apa saja skill keuangan pribadi dan cara mengasahnya? Berikut penjelasannya.

Mempelajari skill keuangan pribadi

Mempelajari skill keuangan pribadi bukanlah hal yang sulit. Terdapat banyak cara untuk mempelajari skill ini dan tidak memerlukan pendidikan formal.

Untuk memudahkan kita mempelajari skill keuangan pribadi berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan tentang skill keuangan pribadi.

  • Budgeting

Budgeting menjadi salah satu skill yang penting dalam mengatur keuangan pribadi. Skill ini memungkinkanmu untuk mengetahui kondisi dan posisi keuanganmu. 

Saat menyusun budget, pastikan kamu menentukan pengeluaran wajib dan menentukan prioritas pengeluaran wajib tersebut. Sisa dari pengeluaran wajib itu lalu dapat ditentukan bagaimana penggunaan dan sisanya. 

Tentunya budgeting ini dinamis dan bisa berubah seiring kebutuhan yang terus berubah. Skill ini bisa membuatmu lebih bijak tertata dalam mengelola uang sehingga mengurangi pemborosan.

  • Menabung

Skill selanjutnya yang perlu kamu pelajari dan latih adalah menabung. Menabung memungkinkanmu untuk mengumpulkan uang dan menyiapkan diri untuk masa depan, seperti rencana menikah atau pensiun.

Dengan tabungan, kamu bisa mengalokasikan uang dan mengumpulkannya hingga jumlah besar. Disarankan untuk memiliki tujuan finansial yang ingin dicapai seperti target liburan, menikah atau modal investasi sehingga kamu lebih termotivasi untuk menyisihkan uang ke tabunganmu.

  • Dana darurat

Skill selanjutnya adalah menganggarkan dana darurat. Hal ini penting untuk kebutuhan akan hal-hal yang tidak terduga. 

Hal tak terduga ini terkadang mampu menggoyang kestabilan finansial sehingga dengan menganggarkan dana darurat keuanganmu tentu akan lebih stabil. Idealnya dana darurat yang disimpan adalah senilai 3-6 bulan gajimu.

  • Investasi

Berinvestasi dapat memastikan kamu semakin dekat untuk mencapai tujuan finansialmu. 

Salah satu skill keuangan pribadi yang perlu diasah adalah melakukan investasi sesuai dengan tujuan finansial serta profil risikomu agar tidak salah mengambil langkah dalam berinvestasi. Kesalahan mengambil langkah investasi malah bisa membuat keuanganmu jadi tidak stabil

  • Membedakan kebutuhan dan keinginan

Skill keuangan pribadi lain yang perlu dikuasai adalah kemampuan membedakan kebutuhan serta keinginan. kemampuan ini dapat membantu kita dalam menentukan langkah finansial yang lebih baik.

Kebutuhan adalah pengeluaran esensial seperti rumah, makan, dan lain-lain. Sedangkan keinginan biasanya hal sekunder yang tidak benar-benar kita butuhkan. 

Membedakan keduanya memang cukup sulit karena batas yang seringkali kabur antara kebutuhan dan keinginan. Diperlukan juga usaha dari kita untuk menahan nafsu agar keinginan tidak mengalahkan kebutuhan.

  • Lifestyle Inflation

Istilah ini berarti peningkatan pengeluaran seiring dengan meningkatnya income kita sehingga rawan terjadi pemborosan akibat lifestyle inflation.

Memang ketika kamu memiliki uang lebih banyak maka kamu harus meningkatkan taraf hidup profesional maupun sosialmu. Namun, mengeluarkan uang secara berlebihan untuk hal tersebut akan membahayakan kondisi keuanganmu sendiri.

Demikian beberapa skill keuangan pribadi yang bisa dipelajari agar keuangan kita semakin stabil dan mampu merencanakan masa depan yang lebih baik.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR