Wout Weghorst si Jangkung Buah Bibir Piala Dunia 2022, Dikontrak MU Demi Warna Baru

7 Feb 2023 13:02 WIB

thumbnail-article

Wout Weghourst dalam salah satu laga yang dimainkannya. Sumber: The Guardian.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Manchester United (MU) akhirnya resmi meminjam Wout Weghorst, pemain asal Belanda. Sebelumnya, Ten Hag, manajer The Red Devils ini mengungkapkan bahwa dirinya mendambakan seorang striker baru pada bursa transfer Januari lalu setelah CR7 keluar dengan cara “tak baik-baik saja.”

Tak hanya hal itu, Edinson Cavani juga tak memperpanjang kontraknya sehingga MU hanya memegangi Anthony Martial sebagai satu-satunya striker murni di MU. Secara praktis akhirnya MU memutuskan untuk meminjam Wout Weghorst sebagai tombak baru dalam tim.

Lantas siapa Wout Weghorst yang dikabarkan hampir membuat Lionel Messi patah hati di Piala Dunia 2022 lalu?

Profil Wout Weghorst

Ia adalah seorang striker tim Burnley asal Belanda, berusia 30 tahun. Wout Weghorst resmi dipinjam The Red Devils sebagai striker ujung tombak tim setan merah ini. Sebelum terjadi kesepakatan peminjamannya, ia sempat membela Turki Besiktas Club, namun Ten Hag menebusnya dengan kontrak agar dirinya bisa membantu untuk melancarkan revolusi di Old Trafford.

Posisi Wout Weghorst adalah striker murni bernomor punggung 9. Tingginya hampir 2 meter dan digadang-gadang menjadi pemain jangkung yang sangat berguna dalam dominasi lawan-lawannya di Liga Primer Inggris.

Ia lahir di Borne tahun 1992 dan menghabiskan hampir sebagian besar perjalanan karirnya di klub lokal bernama RKSV NEO dan DETO Twenterand. Dan akhirnya bergabung dengan Eredivisie Willem pada usia 19 tahun.

Kesuksesan karirnya yang diwarnai lika-liku sebelumnya ternyata membuahkan hasil. Tingkat produktivitasnya meningkat selama 2016 hingga 2018 dan membuat klub Wolfsburg jatuh jati. Di sini ia sukses menyemarakan Liga Jerman dengan total 59 gol dalam 118 kali bertanding.

Awal mula Wout Weghorst membela Besiktas karena Burnley pada saat itu gagal dan mengalami degradasi. Wout Weghorst gagal menunaikan tugasnya dan hanya mencetak 2 gol dalam 20 pertandingan.

Buah bibir piala dunia 2022 melawan Messi the GOAT

Piala dunia kemarin membuat namanya melejit dan banyak dibicarakan sehingga menjadi buah bibir di mana-mana. Lantaran ia hampir saja membuat Messi dan kawan-kawannya gagal menjadi juara dunia.

Pertandingan Belanda vs Argentina ini sontak menjadi permainan paling panas dan banyak dibicarakan di media sosial. Situasi memanas ketika Wout Weghorst masuk menggantikan Memphis Depay pada menit 78. Setelah lima menit, ia berhasil mencetak gol di gawang jagaan Emiliano Martinez.

Namun, puncaknya ada pada detik-detik terakhir tambahan waktu. Set Belanda yang cerdik menghasilkan gol kembali dengan warna dramatis dan Wout Weghorst memaksa Argentina harus menghadapi ujung jurang.

Akan tetapi, akhirnya Argentina-lah yang keluar sebagai pemenang di laga tersebut. Maka dari itu, Wout Weghorst bisa dikatakan sempat membuat Messi deg-degan dan hampir memutus takdir mereka menjadi juara Piala Dunia kemarin.  

Alasan MU rekrut Wout Weghorst 

Alasan praktisnya sebenarnya karena MU kekurangan striker murni. Setelah Ronaldo hengkang, tim setan merah ini hanya punya satu striker senior saja. Striker satu ini, Martial, sering mengalami cedera sehingga tak jarang Ten Hag menunjuk Rashford maju jadi pencetak gol.

Maka dari itu, lewat kontraknya dengan Wout Weghorst, setan merah bisa dibilang bisa mengamankan posisi dan opsi mereka di laga-laga yang lebih spesifik.

Dengan posturnya yang besar dan tinggi, Wout Weghorst bisa menjadi sebuah pembeda dan penembus pertahanan kuat musuh. Ten Hag sendiri mengakui suka dengan etos kerja tinggi Wout Weghorst. Ini menjadi hal yang bisa menghapus “kemalasan dan kemageran” para striker sebelumnya dalam pertandingan. Setidaknya, dengan Wout Weghorst, cap setan merah yang “kadang miring” bisa dilawan dengan kemampuan si jangkung ini.

Demikian informasi seputar profil Wout Weghorst yang dikontrak MU.

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER