Penjelasan Mahfud MD soal Jokowi Tak Singgung Gas Air Mata di Peristiwa Kanjuruhan

7 Oktober 2022 09:44

Narasi TV

Menko Polhukam Mahfud MD saat berbicara di Mata Najwa: Tragedi Kanjuruhan, Kamis (7/10/2022). Foto: Ramadhan Yahya/Narasi

Penulis: Ani Mardatila

Editor: Ramadhan Yahya

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengklarifikasi sejumlah tudingan kepada Presiden Joko Widodo karena tidak menyinggung penggunaan gas air mata saat meninjau Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022).

“Ya memang banyak yang salah sangka ya, mengatakan presiden hanya mempersoalkan soal kunci dan tangga,” kata Mahfud MD dalam acara Mata Najwa: Tragedi Kanjuruhan #UsutsampaiTuntas pada Kamis (6/10/22).

Diketahui sebelumnya, dalam kegiatan peninjauan ke Stadion Kanjuruhan pada Rabu (5/10/22), Jokowi mengemukakan pendapatnya perihal penyebab peristiwa Kanjuruhan.

"Sebagai gambaran, saya melihat problemnya ada pada pintu yang terkunci dan juga tangga yang terlalu tajam. Ditambah kepanikan yang ada," kata Jokowi.

Mahfud MD Bilang Jokowi Juga Soroti Penyemprotan Gas Air Mata

Mahfud MD bilang ia hadir bersama Presiden Jokowi saat peninjauan lapangan. Menurutnya, Jokowi menyampaikan apa yang ia lihat di stadion terkait peristiwa Kanjuruhan.

“Saya ada di situ, pada waktu presiden menyampaikan itu, ketika dia meninjau kondisi stadion. Jadi beliau bersama kami semua, meninjau pintu 12, nah, di situ terlihat kalau pintu terkunci lalu tangganya sangat curam sekali dan itu kalau orang berdesakan memang sangat berbahaya,” ujar Mahfud.

Mahfud menjelaskan bahwa presiden mula-mula menyoroti persoalan teknis soal adanya masalah pada pengelolaan dan konstruksi bangunan stadion.

“Oleh sebab itu kesalahan pertama dari sudut teknis menurut Presiden, ya, dari sudut teknis, ya, itu adalah masalah pengelolaan bangunan, dan konstruksi bangunannya,” kata Mahfud.

Namun ia juga menegaskan bahwa presiden juga menyebut soal penyemprotan gas air mata saat berkunjung untuk menjenguk korban di rumah sakit.

“Nah, tetapi presiden sebelum itu, berkunjung ke sebuah rumah sakit, yang menengok itu presiden, mengatakan penyebabnya ya bukan hanya itu malah bicara soal, apa, sesak napas, dan penyemprotan gas air mata apa itu menjadi perhatian, juga,” jelas Mahfud.

Perintahkan Menteri PUPR Audit Seluruh Stadion

Presiden pun meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk mengaudit seluruh stadion di Indonesia.

“Cuma kalau bicara soal curam itu, beliau bicara dalam konteks semua stadion di Indonesia ini harus diaudit, bukan hanya yang di Malang, dan langsung memerintahkan Menteri PUPR,” kata Mahfud.

Diketahui korban peristiwa Kanjuruhan tewas saat berdesak-desakan dan terinjak untuk keluar stadion dan semakin panik ketika pintu stadion terkunci.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah mengumumkan para tersangka dalam peristiwa di Stadion Kanjuruhan, Kamis (6/10/2022). 

Di antaranya yaitu Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita (AHL), Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan berinisial AH (Abdul Haris), Security Officer berinisial SS (Suko Sutrisno), serta tiga anggota kepolisian, Kabagops Polres Malang Wahyu SS, Anggota Brimob Polda Jatim berinisal H, Kasat Samapta Polres Malang BSA (Bambang Sidik Achmadi).

ARTIKEL TERKAIT

TEKS

Tak Ada Zat Gas Air Mata di Tubuh Aremania Korban Kanjuruhan, Dokter: Hasil Pemeriksaan BRIN

TEKS

MA Kabulkan PK Jokowi, Pemerintah Lolos dari Vonis Melawan Hukum Karhutla

TEKS

Keluarga Korban Kanjuruhan Laporkan PSSI, PT LIB, Arema FC, dll Terkait Dugaan Pembunuhan Berencana

TEKS

Mahfud MD Larang Politik Identitas Tapi Bolehkan Identitas Politik, Maksudnya?

TEKS

Selamat Jalan Farzah Dwi Kurniawan, Korban Peristiwa Kanjuruhan ke 135

TEKS

Manajemen Arema Bungkam Soal Kanjuruhan, Suporter Aremania Suarakan Boikot PSSI

VIDEO TERKAIT

32:04

Bongkar X LBH Jakarta: Glamornya Hidup Jadi Pengacara

13:11

Dokter TGIPF Kanjuruhan: Ada Senyawa Lain dalam Gas Air Mata

13:13

Pelaku Perkosaan di Kemenkop-UKM Dipecat

07:00

Polisi: Kerja Keamanan tapi Kayak Mau Perang

02:42

Mahfud MD: Batal SP3, Proses Hukum Kasus Pemerkosaan Pegawai Kemenkop UKM Dilanjutkan

23:41

Ancaman Siklus Gempa Cianjur, Jokowi Minta Bangun Rumah Tahan Gempa

17:20

Polisi Tetapkan Dua Tersangka Kasus Festival Berdendang Bergoyang

12:04

Mahfud MD: "Tim Investigasi Selalu Ompong"

01:29

Riset Universitas Andalas: 55% Gen Z Ingin Jadi PNS atau Pegawai BUMN

07:24

Kartel Meksiko: Jualan Narkoba, Rangkul Pejabat & Polisi, Bunuh Warga Sipil

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya